Modern technology gives us many things.

Lebih Baik Blogspot atau Wordpres?

0

Lebih Baik Blogspot atau Wordpres?

Saya pernah berdebat dengan salah seorang teman saya karena memperbincangkan lebih tepatnya mempermasalahkan topik ini. Pada waktu itu saya menggunakan wordpress.com sebagai platform blog saya sedangkan teman saya menggunakan blogspot. Kami memperbincangkan hal ini cukup lama, saya tetap pada pendirian saya wordpresslah platform yang terbaik maklumlah newbie tahunya ya cuma wordpresslah karena pada awal ngeblog saya menggunakan wordpress.

Tidak berbeda dengan teman saya yang sama-sama ngotot alias sama-sama newbie.

Sepulang dari perdebatan tersebut, saya mulai mencari tahu mana diantara keduanya yang lebih tangguh. Dan dapat saya tarik kesimpulan sebagai berikut;

 

1. WordPress

 

Seperti yang telah pernah saya posting pada kesempatan lalu, wordpress dibagi menjadi dua, yaitu wordpress.com (platform instan layaknya blogspot yang bisa langsung digunakan) dan wordpress.org (memerlukan hosting dan domain untuk dapat beroperasi). Perbedaanya, jika wordpress.com lebih diutamakan hanya untuk menulis dan wordpress.org lebih fleksibel layaknya blogspot juga sangat kaya fitur. Tetapi kelemahannya ada pada garda belakang yaitu hosting.

 

2. Blogspot

 

Anak perusahaan ini sebanding dengan wordpress.org hanya saja tidak bisa menggunakan plugin. Kemudian jika diadu dengan wordpress.com, blogspot lebih fleksibel alias tidak hanya digunakan untuk aktivitas posting tulisan. Blogspot sudah mendukung java script kita akan lebih leluasa terlebih untuk moneteize blog, sedangkan wordpress.com tidak mendukung tetapi wordpress.org sudah mendukung. Blogspot memang dibawah google tetapi tidak serta merta mudah untuk di index google perlu beberapa cara dan langkah untuk masuk di index google, wordpress.org juga demikian. Untuk wordpress.com akan lebih mudah dan instan kita hanya perlu menulis dan menulis.

Sebenarnya masih banyak plus minus dari kedua platform ini. Anda bisa mencari referensi melalui google.

Last, dapat ditarik kesimpulan, jika tujuan Anda ngeblog hanya untuk menulis, Anda bisa gunakan wordpress.com. Tetapi jika tidak sekedar menulis, misalnya untuk moneteize blog bisa menggunakan blogspot. Untuk wordpress.com dan blogspot adalah platform gratis Anda akan mendapat subdomain sebagai Url. Jika Anda memang tertarik dengan wordpress dan ingin lebih leluasa bisa menggunakan wordpress.org. Mesin wordpress dari WordPress.org memang gratis, tapi tak serta merta gratis. Anda harus mengeluarkan uang guna biaya sewa hosting dan domain.

Semua ada di tangan Anda. Untuk pertanyaan silahkan masukkan di kotak komentar. Good luck!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.