Modern technology gives us many things.

Filosofi Panjat Pinang

0

Filosofi Panjat Pinang

 

 

Selain menyambut Lebaran, sebagian masyarakat Indonesia mulai menyiapkan beragam acara untuk menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68. Salah satu lomba Agustusan yang sering diadakan adalah panjat pinang.

Panjat pinang ini merupakan lomba tradisional yang biasanya diadakan saat perayaan hari jadi Indonesia. Menurut catatan wikipedia, panjat pinang di Indonesia berawal sejak zaman penjajahan Belanda. Orang bule menggelar acara ini ketika ada hajatan, pernikahan, dan sebabainya.

Awal mulanya, orang Belanda mengadakan Panjat Pinang sebagai bahan lelucon. Kumpeni dulu sering terbahak-bahak ketika melihat orang Pribumi dengan susah payah serta berlumuran keringat memanjat pinang. Namun hingga kini, lomba tersebut justru dilestarikan di Indonesia.

Tapi tidak jarang panjat pinang ini menimbulkan pro dan kontra. Bagi yang kontra, mereka menganggap bahwa panjat pinang mengajarkan pesan yang salah untuk pemuda Indonesia. Selain itu, ada yang menilai jika panjat pinang adalah permainan yang menyakitkan tapi mengapa dilestarikan.

Bagi yang pro (termasuk saya), ada makna sangat spesial dibalik panjat pinang ini. Seperti kerja keras untuk mencapai suatu ambisi, gotong royong dan pantang menyerah. Dimana, dengan pondasi yang kuat maka ketika di atas tidak akan mudah dirobohkan.

Sekian dan terimakasih. Selamat Hari Raya Idul Fitri yah bagi yang merayakan. Jangan lupa, semarakkan kemerdekaan Indonesia yang ke-68. Merdeka!

Leave A Reply

Your email address will not be published.