8.2 C
New York
Wednesday, November 25, 2020
No menu items!
Home Cerita Mengenal Perbedaan Rapid Test dan PCR Test Virus Covid-19

Mengenal Perbedaan Rapid Test dan PCR Test Virus Covid-19

Di masa pandemi virus corona covid-19 seperti saat ini, banyak orang semakin waspada untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Apalagi untuk karyawan maupun pekerja yang sehari-hari masih diwajibkan untuk berangkat ke kantor atau menjalankan aktivitas normal. Resiko terpapar virus covid-19 tentu lebih besar dibandingkan orang yang masih bisa menerapkan aturan berdiam diri.

Sebagai langkah untuk mendeteksi serta mengantisipasi penyebaran virus corona covid-19, pemerintah Indonesia sendiri sudah menerapkan kebijakan untuk memperluas pengambilan sampel secara acak. Ada dua metode pemeriksaan yang digunakan, yakni Rapid Test dan PCR Test atau SWAB Test. Jika Anda sering menonton tayangan televisi atau memantau lini masa sosial media, dua istilah tersebut tentu sudah sangat akab bukan di telinga Anda.

Mengenal Rapid Test

Rapid test merupakan metode yang paling awal digunakan untuk mendeteksi apakah seseorang berpotensi terjangkit virus corona covid-19 atau tidak. Covid test yang satu ini bisa dilakukan dengan lebih mudah karena hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk mengetahui apakah sampel reaktif atau tidak.

Adapun tata cara pemeriksaan Rapid Test berdasarkan prosedur kesehatan yang biasa dilakukan di Indonesia yakni dengan cara mengambil sampel darah melalui ujung jari layaknya test darah, kemudian hasilnya akan dicampur dengan reagen untuk mengetahui tingkat imunitas seseorang.

Rapid test sangat efektif untuk membantu orang-orang yang memiliki kecemasan tinggi karena berpotensi terpapar virus corono covid-19. Akan tetapi, sayangnya metode ini hanya sebagai tahap awal dan tidak bisa dijadikan sebagai patokan resmi apakah seseorang terinfeksi virus corona covid-19 atau tidak.

Mengenal PCR Test

Jika sebelumnya pasien terdeteksi reaktif dalam hasil rapid test, maka secara otomatis orang tersebut diwajibkan untuk mengikuti PCR Test atau SWAB Test guna memastikan adanya virus corona covid-19. Berbeda dari rapid test, PCR Test menggunakan sampel lendir yang berasal dari cairan hidung atau di tenggorokan.

Proses ekstraksi dari PCR (Polymerase Chain Reaction) swab test tidak bisa secepat rapid test. Pasalnya, ada banyak hal yang harus diuji dalam Covid test yang satu ini sehingga benar-benar menghasilkan input berupa diagnosa yang akurat.

Sebagai informasi, di Yogyakarta tempat saya tinggal dan beraktivitas saat ini, PCR (Polymerase Chain Reaction) swab test bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus menunggu diagnosa dari dinas kesehatan terkait. Jika Anda merasa khawatir dengan kondisi ksehatan keluarga atau diri Anda sendiri, maka langsung saja untuk mendatangi rumah sakit rujukan atau klinik kesehatan yang menyediakan layanan Covid test.

Biaya PCR Test sangat beragam tergantung dengan paket dan fasilitas yang dipilih oleh calon pasien. Harga yang dibanderol mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp4 juta untuk satu kali pemeriksaan.

Angka tersebut tentu cukup fantastis mengingat pendapatan masyarakat yang rata-rata masih berada di kisaran UMR.

Sebagai salah satu solusi alternatif untuk memerangi virus corona covid-19. Saat ini Anda juga bisa melakukan konsultas secara online melalui website dan aplikasi HaloDoc. Anda bisa bebas melakukan konsultasi dan mencari dokter spesialis covid-19 dengan mudah melalui layanan ini. Selain itu, Anda juga akan diberikan informasi terkait klinik fan fasilitas kesehatan di kota tempat tinggal Anda yang bisa melakukan Rapid Test atau pun PCR Test lengkap dengan harga dan alamat nama rumah sakitnya.

Sangat menarik bukan? Tunggu apalagi, segera kunjungi website dan Aplikasi HaloDoc sekarang juga untuk memastikan kesehatan Anda dan keluarga. Saya sendiri sudah mengunakan HaloDoc pada saat persiapan menjelang lebaran kemarin untuk konsultasi dengan dokter terkait masalah Rapid Test bagi keluarga yang baru pulang dari perantauan.

Semoga bermanfaat.

Yanuar
Hanya seorang Blogger yang mencintai musik reggae dan tengah belajar bagaimana cara berbisnis online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Tambah Pengetahuan Seputar Stroke di Forum SehatQ.com

Dunia teknologi sudah semakin canggih di berbagai bidang kehidupan baik di bidang kesehatan hingga bidang politik. Anda tentu sudah merasakan hebatnya teknologi saat ini...

Mengenal Perbedaan Rapid Test dan PCR Test Virus Covid-19

Di masa pandemi virus corona covid-19 seperti saat ini, banyak orang semakin waspada untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Apalagi untuk karyawan maupun pekerja...

PUBG Mobile, Game Fenomenal yang Menjadi Favorit Generasi Milenial

Seiring perkembangan teknologi, saat ini semakin banyak kita jumpai vendor pembuat game yang beramai-ramai merambah lini mobile. Strategi ini sebenarnya bukanlah hal baru bagi...

5 Persiapan Menyambut Lebaran bagi Perantau

Lebaran akan segera kita rasakan karena sebentar sudah lagi menuju Ramadhan. Dalam menyambut lebaran tentunya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal untuk keluarga dan diri...

Recent Comments