7 Tool Riset Keyword Gratis untuk Bantu Artikel Anda Muncul di Page One Google

Apakah ada tools atau alat untuk melakukan riset keyword gratis? Tentu saja ada dan bisa dengan mudah Anda temukan. Berikut ini beberapa free keyword tool yang bisa Anda manfaatkan.


Dalam dunia blogging, istilah riset keyword tentu tak asing lagi.

Ya, sebelum menulis sebuah artikel untuk mengisi blog maupun website, tentu harus melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Sebab, riset keyword ini memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk menentukan kata kunci yang akan digunakan dalam artikel, agar berada di page one, atau lebih tepatnya bisa ditemukan banyak orang.

Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini memang banyak tool riset keyword (keyword research tools) gratis yang tersedia.

Namun memilih riset keyword yang tepat sendiri sebenarnya bukan hal yang mudah. Dimana setiap penulis website ataupun blog, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Google, sehingga nantinya kemungkinan besar artikel yang Anda buat akan dibaca banyak orang.


Cara Riset Keyword  Yang Tepat untuk Menaikkan Traffic Pengunjung Blog

Pada dasarnya, selain Anda mencari tool riset keyword gratis mana yang akan dipilih, Anda juga harus mengetahui 4 komponen yang paling penting ketika melakukan riset keyword. Adapun beberapa hal tersebut yakni:
  • Keyword Search Volume (Volume Pencarian Keyword)
Tak hanya sebatas mencari tool riset keyword  gratis saja, namun search volume atau volume pencarian terhadap kata kunci yang akan digunakan tentu merupakan hal yang penting.

Dalam hal ini, maksudnya ialah berapa banyak jumlah pencari kata kunci yang akan Anda gunakan, dan dalam kurun waktu berapa lama. Umumnya, baik tool riset keyword gratis maupun berbayar pasti akan menampilkan berapa jumlah pencarian kata kunci dalam kurun waktu satu bulan terakhir.
  • Keyword Difficulty
Keyword difficulty atau tingkat kesulitan keyword biasanya berada di halaman pertama dari hasil pencarian. Dalam hal ini, umumnya baik tool riset keyword gratis maupun keyword search volume checker berbayar akan menunjukkan 0-100.

Dimana, semakin besar angka yang ditunjukkan, maka akan semakin sulit keyword tersebut menduduki posisi pertama dalam halaman hasil pencarian.

Selain itu, umumnya keyword difficulty juga akan memperlihatkan seberapa banyak backlink yang akan dibutuhkan supaya sebuah artikel yang bisa berada di page one atau halaman pertama di mesin pencarian.

Dengan demikian, semakin tinggi kata kunci difficulty-nya , maka backlink yang dibutuhkan pun akan semakin banyak.
  • Keyword Suggestion
Keyword suggestion merupakan saran keyword yang masih berkaitan dengan keyword yang sedang dicari, atau dalam istilah blogging dikenal dengan keyword turunan.

Contohnya seperti ini, ketika Anda akan mencari keyword “membuat blog”, keyword tool akan menyarankan beberapa kata kunci lainnya yang relevan, seperti “cara membuat blog”, “membuat blog mudah”  atau “membuat blog gratis”.

Ada banyak juga keyword suggestion tool gratis yang bisa membantu Anda menemukan keyword terbaik ini.
  • Search Engine Result Page (SERP)
Search Engine Result Page digunakan untuk melihat laman-laman mana yang menduduki peringkat teratas dari hasil riset keyword yang Anda lakukan.

Dimana fungsinya ialah guna melihat bagaimana kualitas laman-laman yang mampu menepati posisi teratas dari hasil pencarian di Google.


Lalu Bagaimana Melakukan Riset Keyword Yang Baik?


Cara mudah melakukan riset keyword  tentunya perlu menggunakan alat bantuan, yakni menggunakan tool riset keyword (keyword research tools), baik yang berbayar maupun gratis.

Nah, bagi Anda yang minim budget, maka berikut ini beberapa tool riset keyword  gratis yang bisa Anda gunakan.


#1. Google Keyword Planner FREE

Ya, dalam melakukan riset keyword, google keyword planner tool free yang paling banyak digunakan. Dimana tool milik Google  ini mampu menunjukkan hasil yang lebih akurat dibandingkan  tools lainnya.

Dimana dengan tool riset keyword gratis ini, Anda bisa melihat volume dan tingkat persaingannya dari keyword yang akan digunakan. Selain itu, tool ini juga telah diintegrasikannya ke dalam Google Ads (dulu Google AdWords), sehingga ini hasil yang diperoleh tentunya akan lebih relevan.

#2. Google Keyword Trends

Salah satu tool riset keyword gratis yang banyak digunakan adalah Google Trends.

Hal ini karena Google Trends bukan hanya mampu menyediakan berbagai macam fitur, beberapa diantaranya seperti:
  • Bisa melihat grafik pergerakan keyword yang sedang dicari, dengan pergerakan keyword mulai dari satu jam terakhir bahkan hingga lima tahun terakhir. Sehingga dengan grafik tersebut, Anda dapat mengamati bagaimana naik turunnya keyword tersebut dari waktu ke waktu.
  • Tool riset keyword gratis ini juga memberikan saran long tail keyword yang relevan dengan kata kunci sesuai dengan real time.


#3. Ubersuggest

Tool riset keyword gratis selanjutnya yang paling banyak dicari adalah Ubersuggest. Dimana tool ini merupakan keyword tool milik seorang marketer ternama, yaitu Neil Patel.

Cara riset keyword menggunakan Ubersuggest sendiri sangat mudah, yakni hanya dengan menarik kata kunci yang Anda inginkan serta dengan wilayah yang ditargetkan, maka Ubersuggest mampu memberikan informasi tentang seberapa berapa besar volume pencarian, tingkat kesulitan serta saran keyword yang berkaitan dengan keyword tersebut.


#4. SEMrush

SEMrush juga merupakan tool riset keyword gratis yang bisa Anda pilih, namun sebelum menggunakannya Anda harus melakukan pendaftaran sebagai anggota terlebih dahulu. Jika telah memiliki akun, maka Anda bisa melakukan riset keyword, hingga 10 kali pencarian dalam waktu 24 jam.

Namun sayangnya, penggunaan tool riset keyword gratis ini memang sangat terbatas. Dimana dalam sehari Anda hanya diperbolehkan melakukan 10 kali pencarian saja, bahkan SEMrush yang menyediakan versi trial hanya gratis selama 7 hari saja, karena setelahnya Anda harus membayar sekitar $99 per bulan.


#5. Answer The Public

Untuk tool riset keyword gratis yang satu ini sayangnya tak tersedia dalam bahasa Indonesia, bahkan Answer The Public sendiri hanya menyediakan beberapa pilihan bahasa asing saja misalnya bahasa Inggris.

Meski demikian, tool ini sangat direkomendasikan untuk Anda, sebab saran keyword yang disajikan cukup lengkap serta komprehensif.

Hal tersebut karena Answer The Public mampu menyajikan saran keyword dengan format 5W+1H (What, When Where,  Who, Why and How). Selain dalam tool ini, Anda juga bisa mendapatkan ide-ide yang berguna bagi website atau konten blog Anda.

Dengan hasil riset keyword yang berupa bahasa Inggris ini, maka memungkinkan Anda untuk menemukan keyword yang memiliki potensi besar untuk ditemukan diakses di beberapa negara.


#6. Google Related Search


Ketika Anda akan mencari sebuah kata kunci, biasanya Google akan menyarankan beberapa keyword yang masih relevan, atau biasanya keyword-keyword tersebut muncul di bagian bawah halaman pencarian.

Dengan begitu, maka Anda bisa menggunakan saran-saran keyword tersebut, bahkan Google juga akan menyajikan saran long tail keyword yang terkait dengan keyword yang Anda cari.


#7. Keyword Shitter

Tool riset keyword gratis terakhir yang bisa Anda gunakan yakni keyword Shitter. Tool ini mampu menyajikan saran-saran long tail keyword yang terkait dengan kata kunci tersebut. Bahkan, saran keyword yang disajikan bisa mencapai 1394 kata kunci.

Dalam melakukan Anda riset tentunya Anda harus memahami apa yang sedang dibutuhkan, yakni mencakup bagaimana volumenya, jangkauan wilayahnya, tingkat kesulitannya, bahkan kata kunci turunannya.

Dalam hal ini, jika Anda ingin saran long tail keyword yang sedang dicari maka dapat menggunakan, Answer the Public, Google Related Search, ataupun Keyword Shitter.

Sedangkan jika Anda ingin melihat search volume-nya maka bisa menggunakan  SERP, Ubersuggest, Google Trends, ataupun  SEMRush.

Semoga artikel tentang tool riset keyword gratis di atas dapat membantu Anda untuk menemukan keyword yang tepat untuk artikel blog Anda. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tool Riset Keyword Gratis untuk Bantu Artikel Anda Muncul di Page One Google"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih