Membaca Data Google Analytic Sebagai Cara Meningkatkan SEO Website

Ada banyak sekali cara meningkatkan SEO website agar semakin banyak yang mengunjungi blog atau website kita. Salah satunya adalah dari data yang disajikan Google Analytic.

Cara Meningkatkan SEO Website
©HostPapa.blog

Kita bisa memperoleh insight yang cukup detail hanya dengan memanfaatkan Google Analytic.

Tentu saja, banyak data yang disajikan dari tool Google tersebut bisa membantu kita menemukan peluang apa saja yang ada, sebagai cara meningkatkan SEO website atau blog kita secara keseluruhan.

Mulai dari metrik engagement (keterlibatan) hingga konversi.

Berikut ini ada lima insight yang bisa diperoleh dari Google Analytic dan bagaimana menerapkannya sebagai cara meningkatkan SEO website atau blog kita.

1. Custom Segment


Custom segment ini adalah salah satu fitur yang ada di Google Analytic, yang memungkinkan kita untuk dapat melihat traffic menurut saluran, demografi, dan banyak lagi.

Custom segment ini dapat dibuat dari hampir semua aspek data dari pengguna, termasuk berapa lama pengunjung ada di blog kita, kunjungan ke halaman tertentu, dari lokasi tertentu, dan lainnya.

Menggunakan fitur ini akan membantu kita untuk dapat mempelajari lebih detail tentang pengguna di website atau blog kita, serta bagaimana tingkat engagement mereka.

Pada akhirnya, data ini akan bermanfaat dan membantu kita sebagai cara meningkatkan seo blog.

Cara untuk menggali custom segment ini bisa dimulai dari melihat menu Audience >> Interest (minat) >> Overview (ringkasan).

Setelah itu, akan muncul tiga laporan data dari interest ini, yaitu;
  • Affinity Categories
  • In-Market Segments
  • Other Categories

Cara Meningkatkan SEO Website


Untuk menemukan data yang lebih komplit, kita bisa mencari ke menu Demografie di bawah tab audiens.

Dari menu ini, kita akan bisa lihat usia maupun jenis kelamin pengunjung yang telah mengakses website atau blog kita.

Cara Meningkatkan SEO Website


Sekarang kita telah memiliki data-data tersebut, custom segment dapat dibuat untuk dilacak.

Kembali ke Audience >> Overview.

Disini kita akan dapat melihat rangkuman dari pengguna website atau blog kita.

Cara Meningkatkan SEO Website


Bila perlu, kita juga bisa melihat data-data ini selama enam bulan atau bahkan satu tahun terakhir.

2. Memantau Traffic dari Seluler 


Makin kesini, akan semakin banyak orang yang mengakses website atau blog dari smartphone mereka.

Inilah yang harus kita gali lebih dalam karena juga merupakan sebagai bagian dari cara meningkatkan SEO website atau blog.

Yaitu dengan mulai mencari data traffic pengguna yang dari seluler.

Selain itu cara ini juga dapat dilakukan untuk memantau tingkat engagement pengunjung dari seluler.

Untuk itu, kita sebaiknya melakukan beberapa hal ini;
  • Tentu saja adalah dengan menambahkan segmen traffic seluler.
  • Monitor tingkat bounce rate. Cara ini akan dapat membantu kita mengetahui halaman mana yang memiliki tingkat bounce rate paling tinggi, dan membantu kita mencari solusi bagaimana cara mengurangi rasio bounce rate tersebut.
  • Bandingkan data bounce rate antara seluler dan desktop. Disini kita dapat mencari tahu perbedaan pengalaman pengguna seluler dan desktop.


3. Fokus pada Site Search


Cara ini dapat membantu kita untuk mempelajari tentang apa yang diinginkan atau dicari oleh pengunjung, ketika mereka berada di website atau blog kita.

Dan pastinya, cara kerja SEO yang kita terapkan juga bisa dilihat dari sini.

Bukan hanya itu, selain dapat memperoleh informasi tentang apa yang mereka cari, kita juga dapat informasi berapa banyak orang yang mencari.

Cara ini sebenarnya juga dapat membantu kita untuk menemukan ide konten dan cara SEO blog.

Misalnya, jika pengguna yang masuk ke website lalu mencari sesuatu yang tidak ada pada di halaman atau artikel kita, maka kita dapat menambahkan konten dari apa yang mereka cari.

Atau, bila beberapa pengguna mencari produk atau layanan tertentu lebih sering, maka kita bisa membuat halaman produk atau layanan tersebut lebih mencolok agar lebih mudah diakses.

Sementara cara membuat SEO atau pengoptimalannya, kita dapat melakukan riset keyword yang memang paling diinginkan oleh para pengguna.

4. Data Rasio Bounce Rate Penting Sebagai Cara Meningkatkan SEO Website


Bounce rate website adalah persentase orang yang mengunjungi website atau blog kita kemudian pergi setelah hanya melihat satu halaman.

Meskipun beberapa tingkat bounce rate tinggi, belum tentu diartikan bahwa pengalaman pengguna di website atau blog kita kurang baik (biasanya ada di website atau blog seputar resep).

Hal itu mungkin mengindikasikan bahwa pengunjung hanya saja belum menemukan apa yang mereka temukan di website atau blog tersebut.

Desin website atau blog dengan UI/UX yang kurang tepat juga dapat menyebabkan tingkat bounce rate yang tinggi. Dan ini juga akan kurang optimal untuk cara menaikkan website di Google (karena tidak user friendly).

Kita bisa mengetahui tingkat bounce rate dari Google Analytic ini dari waktu ke waktu, apakah turun atau cenderung naik.

Jika sudah mengetahuinya, maka kita dapat melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Yaitu agar tingkat bounce rate semakin rendah.

5. Menemukan Page Teratas dari Website atau Blog


Memahami performa maupun tingkat konversi di masing-masing halaman pastinya akan membantu kita menemukan insight yang cukup banyak.

Sekarang kita mencari tahu bagaimana cara melakukannya.

Arahkan ke Behavior >> Site Content >> Landing Pages. Perlu diperhatikan juga adalah pengaturan waktunya.

Cara Meningkatkan SEO Website


Apabila ada beberapa halaman yang mengalami peningkatan bounce rate, mungkin ada beberapa masalah teknis yang harus diselessaikan.

Tapi bila ada semakin rendah tingkat bounce rate-nya, maka kita bisa lebih mengoptimalkan halaman tersebut.

Kelima poin di atas hanya beberapa peluang yang bisa kita manfaatkan dari Google Analytic sebagai cara meningkatkan SEO blog.

Meskipun gratis, tools ini sangat potensial untuk menggali berbagai informasi dan insight yang berharga dan membantu kita untuk menentukan cara meningkatkan SEO website yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membaca Data Google Analytic Sebagai Cara Meningkatkan SEO Website"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih