Ini Cara Membuat Blog di WordPress Gratis dan Menghasilkan Uang

Apakah benar membuat blog pribadi seperti di WordPress bisa benar-benar menghasilkan uang? TENTU. Lalu seperti apa saja serta bagaimana cara membuat blog di WordPress agar dapat menghasilkan?

Cara Membuat Blog di WordPress Gratis


Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini, dunia blog terasa sedang naik daun.

Bagaimana tidak, saat ini blog tak hanya digunakan sebagai penyalur kreativitas seperti menulis atau lainnya saja, namun juga dapat dijadikan sebagai ladang bisnis.

Hal ini bisa dilihat dimana ketika dulu kegunaan blog hanya sebagai penyalur hobi menulis, namun sekarang dari tulisan itu bisa menghasilkan banyak uang. Tentu saja dengan cara membuat blog yang menarik.

Dengan demikian, masihkah Anda ragu untuk mengetahui cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang?

Saya harap ini tidak terjadi pada Anda.

Sebagai pemula, Anda bisa memanfaatkan beberapa penyedia (platform) blog gratisan seperti WordPress atau Blogspot (Blogger).

Pada artikel kali ini, saya tidak akan menjabarkan bagaimana cara membuat blog di Blogger, melainkan di WordPress.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara membuat blog di WordPress bagi pemula?

Ya, WordPress merupakan salah satu platform yang paling umum digunakan untuk membuat blog, karena platform ini dipercaya memiliki cara kerja yang lebih mudah.

Apa Keuntungan Memiliki Blog?

Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia blogging, tentunya akan cukup bingung, platform mana yang harus dipilih. Sebab masing-masing platform pasti memiliki fitur dan kelebihan masing-masing.

Sebenarnya, selain WordPress masih terdapat banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat blog, seperti Tumblr, Blogspot, Wix atau lainnya. Namun dari beberapa platform tersebut, memang WordPress lebih banyak dipilih karena menawarkan kelebihan tersendiri. Apa kelebihannya?

Sebelum membahas bagaimana cara membuat blog di WordPress, tentunya Anda perlu mengetahui apa sih manfaat memiliki blog?

Tentunya bukan tanpa tujuan memiliki sebuah blog, dimana selain Anda bisa bermain, berkreasi atau menyalurkan hobi, blog juga dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan.

Apakah benar demikian? Yaps, bukan hal yang tak mungkin jika Anda bisa menjadi miliarder dadakan dengan memiliki blog.

Adapun Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal Yang Bisa Anda Lakukan

1. Iklan

Salah satu hal utama yang bisa menunjang penghasilan Anda di blog adalah dengan iklan. Dalam hal ini adalah cara mendapatkan uang dari blog Google AdSense.

Dimana setelah Anda mendaftarkan blog, tentu harus dipasangi iklan dengan mendaftar ke pihak Google.

Hal ini bertujuan agar nantinya ketika tulisan yang telah diposting ke blog Anda diklik oleh banyak pengunjung blog, akan menghasilkan uang.

Bahkan perlu diketahui, jika blog Anda telah bagus, dan iklan yang Anda pasang pun bagus, bisa dalam satu klik mendapatkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

2. Promosi Barang & Jasa

Dalam membuat blog tentunya Anda harus memiliki tujuan tersendiri.

Misalnya jika tujuan Anda membuat blog adalah untuk berjualan produk atau jasa, maka promosi merupakan hal yang paling penting.

Yang mana promosi ini nanti bertujuan untuk mengenalkan keunggulan dan kelebihan produk atau jasa. Harapannya adalah agar produk semakin dikenal sehingga laris di pasaran.

3. Program Afiliasi

Atau bagi Anda yang tak suka bisnis berjualan, bisa bisnis program afiliasi.

Ya, hal ini bisa Anda lakukan, karena saat ini telah banyak Marketplace yang menawarkan program Afiliasi, misalnya Amazon, Tokopedia, Blibli, Lazada, atau lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa mengikuti program afiliasi dengan cara membuat blog pribadi gratis yang menarik, kemudian ditambahkan atau disematkan link khusus untuk affiliate.

Apabila orang tertarik kemudian meng-klik link yang Anda sematkan dan orang tersebut melakukan transaksi, maka Anda akan mendapatkan komisi yang besarnya sudah ditentukan oleh masing-masing penyedia produk.

Selain di marketplace produk fisik, Anda juga bisa melakukan affiliate untuk beberapa produk digital. Seperti di Ratakan atau Idaff.

Selain beberapa hal di atas, sebenarnya masih banyak lagi bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Intinya adalah bagaimana langkah Anda bisa memaksimalkan kegunaan blog sebagai peluang usaha.

Baca Juga: 20 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Artikel SEO Friendly

Kenapa Harus WordPress?

Mengapa saat ini WordPress lebih banyak dipilih untuk membuat blog? Dan bagaimana sih cara membuat blog di WordPress?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin yang sekarang ini ada di benak Anda.

Nah, perlu Anda ketahui, saat ini WordPress telah menjadi platform blogging yang paling populer, dimana lebih dari 75 juta atau 29% jumlah website Google yang mencakup seluruh dunia, dibuat menggunakan WordPress, baik berupa situs-situs populer hingga blog pribadi sekalipun.

Hal ini karena memang WordPress mampu memberikan paket lengkap dalam hal blogging, yang dapat pilih sesuai keinginan.

Selain itu, WordPress adalah salah satu cara membuat blog gratis yang dengan mudah bisa Anda lakukan.

Memang dalam WordPress sendiri ada fitur berbayar, namun yang tidak berbayar pun tetap memiliki fitur yang bagus.

Selain itu, cara membuat blog di WordPress pun sangat mudah dibandingkan dengan platform lainnya, sehingga sangat cocok bagi pemula dalam dunia blogging.

Apa yang WordPress tawarkan pada Anda?

Beberapa diantaranya adalah memiliki jumlah pengguna hingga jutaan, tentu ada menyediakan berbagai fitur yang sangat baik.

Fitur yang dimaksu berupa pilihan template yang unik dan menarik, terdapat CMS yang mumpuni, bahkan Anda dapat upload gambar,  video, tulisan,  ataupun optimize SEO sekalipun.

Bagaimana Cara Membuat Blog di WordPress?
Cara Membuat Blog di WordPress Gratis
©wpagency.com.au

Pertanyaan yang sejak awal ditunggu jawabannya adalah bagaimana cara membuat blog di WordPress?

Sebenarnya cara membuat blog di WordPress sendiri cukup mudah, bila Anda telah membuat provider hosting serta memiliki domain, Anda hanya memasangnya  di WordPress.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat blog di WordPress:

1. Install WordPress di Hosting

Umumnya layanan hosting akan menyertakan installer otomatis, yang bisa diakses melalui dashboard hosting atau cPanel utama Anda. Adapun cara pengaplikasiannya yakni:
  • Pertama, masuk terlebih dahulu ke dashboard hosting atau cPanel, kemudian buka Website > Auto Installer:
  • Selanjutnya, pilihlah opsi WordPress, kemudian akan muncul sebuah halaman, dimana Anda harus mengisi formulir. Setelah pengisian lengkap, maka klik instal, lalu untuk memulai proses instalasi.

2. Pengaturan Standar WordPress

Salah satu langkah yang wajib Anda lakukan dalam cara membuat blog di WordPress  adalah mengatur pengaturan standar dari WordPress. Dengan demikian, ikuti saja langkah standar yang diajukan ini.
Caranya adalah dengan masuk ke dashboard WordPress terlebih dahulu, selanjutnya buka Settings > General. Setelah itu, maka akan muncul halaman yang berisi berbagai pengaturan standar, seperti judul serta tagline standar situs Anda.
Berkaitan dengan hal tersebut, isilah tagline atau judul yang sesuai dengan tema yang nantinya akan dibuat pada blog Anda.

Dan perlu dicatat, pastikan gunakan tagline atau judul secara simple dan jelas, yang penting mampu menggambarkan tentang blog Anda.

Selain hal tersebut, dalam pengaturan ini, jangan lupa juga melakukan setting pemilihan Bahasa dan Zona waktunya.
Jika telah selesai, maka bisa klik Save Changes. Setelah tahap tersebut, maka selanjutnya adalah membuka Settings > Discussion guna mengaktifkan atau menonaktifkan kolom komentar, serta mengatur pembahasan tentang kata kunci tertentu.
Nah, disini Anda bisa menentukan sendiri fitur-fitur mana saja yang akan disematkan dalam blog Anda. Ada banyak sekali contoh blog yang menghasilkan uang yang bisa Anda jadikan referensi.

Jika telah selesai, kemudian simpan perubahan pengaturan tersebut.
Selain pengaturan tersebut, sebenarnya ada pengaturan lainnya yang tak kalah penting, yakni coba buka menu Settings > Permalinks.
Dimana bagian ini merupakan hal yang paling penting, karena nantinya akan menentukan bagaimana struktur link blog Anda serta akan berpengaruh  terhadap SEO.

3. Pilih Tema/Template WordPress yang Menarik

Perlu diketahui, meski cara membuat blog di WordPress sangat mudah, namun Anda harus mempertimbangkan tema yang dipilih.

Dimana tampilan tema merupakan hal yang sangat penting bagi Blog Anda, sebab tema akan menggambarkan jati diri Blog Anda sendiri.

Dalam hal ini, tentu saja tema yang dipilih harus sesuai dengan topik blog Anda, sehingga untuk menemukan pilihan yang tepat, cobalah melihat-lihat beberapa referensi tampilan blog yang ada di situs internet.

Jika telah menentukan tema yang tepat, maka selanjutnya buka kembali dashboard WordPress,  lalu pilih Appearance > Themes > Add New.

Pilihlah nama dari tema yang telah Anda pilih dalam Direktori Tema WordPress, kemudian klik Install, lalu Activate. Dengan begitu, kini blog Anda siap digunakan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat blog pribadi di WordPress?

Kini saatnya Anda membuat post pertama sesuai keinginan, dengan cara masukan judul (headline), content (isi artikel), serta gambar, kemudian publish. DONE.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Cara Membuat Blog di WordPress Gratis dan Menghasilkan Uang"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih