Cara Dropship di AliExpress dengan Platform Shopify dan Oberlo

Bagaimana cara dropship di AliExpress? Apakah ribet dan menguntungkan melakukan jualan online di ecommerce ini? Berikut ini gambaran singkat tentang bagaimana melakukan dropship internasional menggunakan AliExpress.

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang cara dropship di AliExpress atau bahkan sudah menggunakannya untuk saat ini.

Yaps. AliExpress merupakan salah satu e-commerce asal China yang menawarkan berbagai produk, serta menampung ribuan supplier. Untuk lebih jelasnya, AliExpress sama dengan e-commerce Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sejenisnya.

Sama halnya dengan e-commerce asal Indonesia, AliExpress  juga dapat digunakan sebagai ladang bisnis, salah satunya bisnis dropship.

Dengan hal tersebut, bila Anda ingin memiliki toko online namun tak memiliki produk, maka segera mendaftar secara gratis di AliExpress  dengan menjadi dropshipper atau bahkan bisa menjadi affiliate/ afiliasi.

Cara Dropship di AliExpress

Cara Dropship di AliExpress dengan Platform Shopify dan Oberlo


Menjalankan bisnis AliExpress memang terlihat sangat menjanjikan, karena selain produknya banyak dan harganya murah, cara kerjanya juga sangat mudah. Untuk menjelaskan cara dropship di AliExpress simak penjelasan berikut ini!

Langkah pertama dalam cara dropship di AliExpress, yakni dengan mendaftar terlebih dahulu sebagai dropshipper. Dengan begitu, nantinya Anda dapat menjual berbagai produk yang diinginkan.

Nah, dalam hal ini, jika Anda ingin sukses dengan cepat, maka mulailah dengan satu niche produk terlebih dahulu namun yang memiliki banyak peminatnya.

Contohnya, dengan memulai menjual produk berupa peralatan dapur, maka niche produk yang Anda pilih adalah berbagai peralatan dapur seperti panci, gelas, teflon atau lainnya. 

Selain cara dropship di AliExpress tersebut, untuk memasarkan produk dari AliExpress, disarankan ditujukan pada market luar, contohnya ke USA. Mengapa demikian?

Contoh begini, semisal Anda menjual peralatan dapur, katakanlah teflon seharga $3 di AliExpress. Kemudian Anda menjual produk tersebut ke market luar negeri dengan di atasnya, misalnya $10 .

Dengan demikian, bila Anda mampu menjual 10 produk dalam 1 hari, maka keuntungan yang akan didapatkan per harinya adalah sebesar $70.

Keuntungan tersebut, jika dikurskan ke rupiah dengan ketentuan Rp. 13.500  per  USD, maka total keuntungan per hari yang Anda dapatkan adalah sebesar Rp945.000. Fantastis bukan?

Selain itu, dengan perhitungan tersebut, artinya dalam waktu satu bulan saja, Anda dapat menjual produk sebanyak 2.100 atau dikira-kirakan saja dengan hitungan lebih rendah, yakni mencapai 1.000 produk per bulan, dengan keuntungan per produknya sebanyak $7.

Dengan demikian, total keuntungan yang akan didapatkan dalam waktu satu bulan yakni mencapai $7.000 atau jika dikurskan dalam rupiah menjadi  Rp. 94.500.000.

Lalu bagaimana bila Anda hanya dapat menjual produk sebanyak 100 saja dalam waktu satu bulan?

Itu bukan masalah yang besar, sebab Anda tetap akan mendapatkan keuntungan 100 x $7, yakni $700 atau jika dikurskan menjadi Rp 9.450.000.

Bagaimana? Lebih menguntungkan bukan dibandingkan kerja kantoran dalam level manager? 

Dengan keuntungan yang besar tersebut, pertanyaannya adalah bagaimana cara dropship di AliExpress?

Perlu diketahui, jika Anda ingin menjadi dropship dalam e-commerce AliExpress ini, maka Anda harus membuat website terlebih dahulu, dimana di dalamnya harus ada metode pembayaran, baik itu menggunakan PayPal, kartu kredit (mastercard/visa), ataupun metode pembayaran lainnya.

Hal ini agar memudahkan customer jika ingin berbelanja di toko Anda.

Selain itu, sebenarnya yang paling sulit dilakukan dalam menjalani bisnis dropship di AliExpress adalah bagaimana cara mendapatkan banyak pelanggan, setidaknya hingga 100 pelanggan.

Ya, mencari pelanggan memang bukan hal yang mudah, mengingat dalam e-commerce besar seperti

AliExpress tentu persaingannya sangat ketat.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung dalam hal ini, maka bisa simak penjelasan berikut ini hingga tuntas.

Gunakan Platform Toko Online Pihak Ketiga, Shopify


Cara dropship di AliExpress sebenarnya sangat mudah, sama halnya dengan e-commerce lain.

Untuk AliExpress pada toko Anda, pastinya membutuhkan sebuah platform toko online atau yang akan dijadikan sebagai pihak ketiga.

Dimana platform tersebut sendiri di dalamnya harus telah terintegrasi berbagai layanan seperti layanan chatting pelanggan, sistem pembayaran, serta lainnya. Terlebih lagi toko online pihak ketiga tersebut juga telah terpercaya di seluruh dunia.

Lalu platform pihak ketiga apa yang bisa Anda gunakan?

Salah satu bagi Anda yang masih bingung menggunakan web ecommerce apa, maka Shopify merupakan jawaban yang tepat. Tentunya Anda tak asing dengan Shopify lagi bukan?

Lalu kenapa harus menggunakan Shopify? Apa kelebihannya?

Shopify merupakan salah satu platform kelas dunia yang telah terkenal, bahkan jumlah penggunaanya hampir mencangkup seluruh dunia.

Selain itu, jika Anda menggunakan platform ini, tentu tak perlu repot lagi menyediakan berbagai layanan seperti kesulitan membuat sistem pembayaran yang akan beresiko tinggi.

Selain itu, kelebihan Shopify lainnya adalah, Anda tak perlu juga repot-repot memposting satu persatu produk yang ada di AliExpress ke Shopify, sebab platform ini telah tersedia plugin gratis di AliExpress, yang dapat digunakan untuk mempermudah import ratusan produk hanya dalam satu klik saja.  Nah plugin tersebut ialah Oberlo.

Apa kegunaan Oberlo?


Dalam cara dropship di  AliExpress  ini, plugin yang tersedia di bisa Anda gunakan untuk import produk dari AliExpress dengan sangat mudah.

Yakni hanya dengan mengetik kata kunci dari produk yang diinginkan, maka akan muncul beberapa produk yang disertai dengan gambar, harga, deskripsi, atau lainnya.

Setelah itu Anda bisa klik gambar maka produk akan langsung terposting ke dalam web Shopify yang telah Anda buat tadi.

Menariknya lagi, bila terdapat konsumen yang akan melakukan transaksi di akun Shopify Anda, maka secara langsung Anda akan ada notifikasi melalui email.

Selanjutnya hanya dengan klik tombol beli di Shopify, maka secara otomatis itu akan mengarahkan ke web AliExpress.

Bahkan data pelanggan pun juga akan ikut serta terposting secara otomatis pada AliExpress. Dengan begitu, maka Anda tak perlu repot mengetik bahkan memindahkan secara manual, suatu produk dari satu toko online ke toko online lainnya.

Apakah Shopify Berbayar?


Pertanyaan selanjutnya dalam cara dropship di AliExpress adalah apakah shopify berbayar ? Jawabannya adalah iya. Untuk berjualan melalui Shopify, Anda akan dikenakan tarif berlangganan dengan biaya mencapai $29 per bulan.

Namun menariknya adalah, di awal pendaftaran Anda akan mendapatkan akses gratis Shopify selama 14 hari, sehingga kesempatan tersebut bisa digunakan untuk belajar bagaimana cara mudah berjualan di Shopify.

Promosikan Shopify Melalui Facebook Ads

Selanjutnya apa yang bisa Anda lakukan? Bila Anda telah mempunyai web toko online melalui Shopify, maka tugas dari cara dropship di AliExpress selanjutnya adalah  Anda harus mempromosikan web  Shopify di Facebook Ads.

Dalam pemasangan iklan ini tentunya Anda juga membutuhkan pembayaran. Adapun biaya pasang iklan di facebook Ads, minimal seharga Rp. 100.000 per 3-5 hari.

Sementara untuk bagaimana cara mempromosikan produk dengan Facebook Ads, Anda bisa melihat tutorialnya di Google atau Youtube karena memang sudah banyak sekali yang membahasnya. 

Berkaitan dengan pengiklanan melalui Facebook Ads, mungkin yang menjadi kendala adalah bagaimana untuk pembayarannya.

Bila dulu metode pembayarannya cukup sulit, maka kini Anda bisa mudah dalam pembayarannya, sebab saat ini telah tersedia metode pembayaran menggunakan bank transfer, misalnya Bank permata, bahkan juga dapat dilakukan melalui ATM- ATM bersama.

Dengan banyaknya kemudahan akses dalam AliExpress, tak heran jika e-commerce ini sangat terkenal, bahkan telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Hal ini juga tak menutup kemungkinan cara dropship di AliExpress  akan sangat mudah, sehingga siapa pun dalam melakukannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Dropship di AliExpress dengan Platform Shopify dan Oberlo "

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih