Ini Dia Cara Belajar Dropshipping Agar Menghasilkan Keuntungan yang Besar

Belajar dropshipping itu sebenarnya gampang saja kok. Poin paling penting selanjutnya adalah marketingnya. Namun pada artikel kali ini, saya akan mencoba berbagi informasi mengenai cara menjadi dropship tanpa modal.


Belajar Dropshipping Agar Menghasilkan Keuntungan yang Besar


Apakah Anda merupakan konsumen dari e-commerce di Indonesia? Jika diamati sekarang ini, e-commerce di Indonesia telah berkembang sangat pesat, hal tersebut dibuktikan dimana saat ini telah bermunculan banyak e-commerce atau marketplace besar dan terkenal, seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, ataupun lainnya.

Tak hanya itu saja, perkembangan tersebut juga terlihat, yakni saat ini jumlah transaksi dalam seluruh e-commerce sudah sangat banyak. Hal ini terlihat di tahun 2017 lalu, terdapat sekitar 100 triliun pengguna dari berbagai e-commerce yang melakukan transaksi.

Dengan fakta tersebut, pertanyaannya adalah apakah Anda tidak akan menggunakan kesempatan tersebut atau hanya akan menjadi konsumen dalam e-commerce saja? Tentu tidak bukan?

Dengan demikian, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperoleh pendapatan yang besar dengan cara berbisnis dalam dunia tersebut.

Lalu peluang usaha apa yang bisa Anda lakukan? Bagi Anda yang masih bingung bisnis apa yang akan dijalankan dengan fakta diatas, maka cobalah memulai cara bisnis dropship.

Bagaimana Cara Belajar Dropshipping?

Dropshipper atau yang sering dikenal dengan istilah dropship ialah suatu proses jual beli, dimana penjual tak perlu menyetok barang terlebih dahulu, namun pihak supplier-lah yang nantinya akan mengirimkan barang secara langsung kepada konsumen.

Dari pengertian yang di atas, maka terdapat 3 pelaku dalam proses dropshipping, yaitu penjual, supplier, dan konsumen. Dimana masing-masing memiliki peran sebagai:
  • Supplier  merupakan pihak ketiga, yang memiliki posisi sebagai penyetok atau yang mempunyai barang, dan sebagai penyalur barang ke konsumen
  • Pembeli atau customer, sebagai pembeli barang yang ditawarkan penjual
  • Dropshipper, dimana posisi Anda adalah menawarkan serta memesankan produk yang dibutuhkan konsumen kepada supplier

Bagaimana Cara Bisnis Dropship?

Bagi Anda yang sedang belajar dropshipping, tentu harus mengetahui bagaimana proses dari bisnis dropship sendiri. Adapun proses dari bisnis dropshipping ini yakni:

1. Mencari Supplier Dropship Terpercaya dan Mudah Diajak Kerjasama

Langkah pertama yang harus Anda pahami dari belajar dropshipping adalah mencari supplier atau pemasok barang. Yaps, karena posisi Anda hanya sebagai pemasar barang, tentunya butuh supplier yang akan memasok barang nantinya. Kalau bisa, cari dan temukan supplier dropship tangan pertama.

Kenapa?

Ini tak lepas dari faktor pertimbangan harga. Semakin banyak tangan penerima, maka margin profit untuk Anda juga akan semakin mengecil.

2. Mempromosikan Produk atau Mencari Konsumen

Salah satu kelebihan cara bisnis dropship adalah Anda tak perlu memiliki barang terlebih dahulu.

Atau lebih tepatnya, produk yang Anda jual hanyalah berupa gambar saja.

Baru ketika terdapat pesanan dari konsumen produk akan dipesan kepada pihak supplier, dan pihak supplier-lah yang akan mengirimkan barang ke konsumen secara langsung.

Namun dalam proses ini hal utama yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana cara mempromosikan produk agar laku keras di pasaran.

Nah, karena Anda berjualan menggunakan gambar, maka maksimalkan penggunaan situs online seperti media sosial atau website.

Sebab seperti yang diketahui, bahwa saat ini jumlah pengguna media sosial sudah sangat banyak, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.

3. Memesan Produk dari Konsumen ke Supplier

Dengan Anda belajar dropshipping tentunya mampu melakukan tahap promosi produk dapat berjalan dengan baik.

Nah, bila Anda telah mendapatkan konsumen, maka langkah selanjutnya adalah memesankan produk tersebut kepada supplier.

Namun sebelumnya Anda harus mentransfer ke pihak supplier terlebih dahulu.

Barulah nantinya pihak supplier akan mengirimkan produk secara langsung kepada konsumen, tetapi produk yang dikirim tetap menggunakan nama Anda bukan nama supplier.

Dengan tiga tahap tersebut, dapat diambil contoh ketika Anda seseorang yang membeli produk, misalnya baju. Dimana baju tersebut Anda jual dengan harga 500rb, dan konsumen setuju untuk membeli. Kemudian Anda memesankan produk serta melakukan transfer uang kepada supplier, baru setelahnya supplier akan mengirimkan barang ke konsumen.

Lalu dari mana keuntungan yang akan Anda dapatkan?

Dari contoh jual beli tersebut, baju yang Anda tawarkan adalah Rp.500.000, sedangkan harga baju sebenarnya dari supplier adalah Rp. 300.000. Dengan demikian, keuntungan yang Anda dapatkan adalah sebanyak Rp. 200.000.

Apa yang bisa Anda dapatkan dari belajar dropshipping tersebut?

Jika dipahami secara lebih mendalam, bisnis dropshipping ini merupakan bisnis yang memiliki sedikit resiko, sebab Anda hanya menawarkan produk saja dengan berupa gambar, sehingga Anda tak perlu menyetok barang, yang nantinya akan takut jika tidak laku.

Bahkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan tentunya lebih besar.

Jika membahas tentang belajar dropshipping biasanya akan dikaitkan dengan reseller.

Yaps, dua bisnis tersebut memang sama-sama berjalan dalam dunia jual beli, namun sistem atau proses penjualannya berbeda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dimana dengan menjadi dropship Anda hanya menjual produk berupa gambar saja tanpa menyetok secara langsung. Sedangkan reseller umumnya harus menyetor barang terlebih dahulu, bahkan harus menggunakan uang muka untuk mendaftar sebagai reseller dalam suatu supplier.

Dengan perbedaan demikian, maka bisa diketahui bahwa keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan  dari menjadi dropshipper adalah:
  • Anda tak harus menyetok barang terlebih dahulu
  • Tak perlu memikirkan pengiriman barang
  • Modal sangat sedikit, bahkan minim resiko

Apa Saja yang Harus Dipelajari Jika Ingin Sukses Belajar Dropshipping?


Belajar Dropshipping Agar Menghasilkan Keuntungan yang Besar
©digitalmarketer.id
Sebenarnya, belajar dropshipping guna meningkatkan penghasilan merupakan hal yang mudah.

Dimana selain beberapa hal penting diatas, dalam menjalankan bisnis dropshipping Anda juga harus memperhatikan:

1. Melakukan Riset Produk

Sebelum memulai bisnis dropshipper, tentunya Anda harus mengetahui produk apa yang akan dijual.

Nah, dalam hal ini, Anda bisa menemukannya dengan meriset di pasaran. Artinya adalah dengan mencari produk-produk di pasaran yang memang layak dijual, sekaligus produk tersebut juga sedang booming atau laris.

Dalam belajar dropshipping ini, lalu bagaimana cara melakukan riset produk?

Dalam riset produk, Anda dapat menggunakan beberapa marketplace yang ada di Indonesia dengan melihat produk yang sedang laku keras.

Dalam hal ini, umumnya setiap marketplace memiliki menu atau fitur “produk yang sedang laris” agar bisa dijadikan referensi untuk pembeli.

Ini juga berdasarkan pengalaman dropship di Shopee yang saya lakukan.

2. Traffic Source

Apa itu traffic source?

Sumber traffic atau traffic source adalah konsumen yang akan membeli produk.

Dimana tentunya sangat percuma bila memiliki banyak produk yang berkualitas, namun tak memiliki pengunjung atau customer.

Sumber traffic ini bisa Anda dapatkan dari social media, Google, atau social network. Bisa juga dalam bentuk free atau paid (berbayar) traffic.

3. Promosi

Berkaitan dengan point nomor 2, tentunya untuk mendapatkan traffic source atau pengunjung yang sangat banyak, tentunya harus ditunjang dengan promosi.

Dengan demikian, buatlah promosi yang baik dan semenarik mungkin agar banyak pelanggan yang berdatangan.

Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan berbagai media online, seperti  Facebook Fanspage, Facebook Groups, forum jual beli, serta berbagai marketplace di Indonesia.

Sebenarnya belajar dropshipping  merupakan hal yang mudah, sehingga Anda tak perlu khawatir untuk memulai bisnis ini jika memang masih pemula dalam bisnis jual beli. Apalagi sekarang ini teknologi dan internet sedang mengalami perkembangan, sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis.

Sebab tentunya akan sangat sayang sekali bila dalam perkembangan tersebut, Anda hanya berlaku sebagai konsumen saja dengan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja. Dengan demikian, Apakah Anda sekarang sudah siap untuk menjadi pemain dropshipping?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Cara Belajar Dropshipping Agar Menghasilkan Keuntungan yang Besar"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih