Instagram untuk Bisnis dan SEO

Apakah bisa menggunakan Instagram untuk bisnis atau dalam hal ini SEO (Search Engine Optimization)? Jika iya, bagaimana caranya?

Cara Menggunakan Instagram


Salah satu strategi dalam mengoptimalkan promosi digital adalah melalui SEO.

Sederhananya, SEO adalah proses atau usaha untuk memunculkan usaha atau bisnis kita ke halaman pertama mesin pencari (search engine) Google.

Semakin tinggi ranking website kita di mesin pencari, maka semakin tinggi potensi traffic atau bahkan sales kita.

Yang perlu digarisbawahi adalah, strategi SEO cukup kompleks dan beragam.

Google dengan algoritmanya selalu melakukan update secara kontinyu. Setiap tahun atau mungkin bulan, Google akan terus mengupdate algoritma ini.

Dampaknya adalah strategi SEO yang diterapkan haruslah sesuai dengan update algoritma dari Google. 

Bila tidak mengikutinya maka kita akan semakin jauh tertinggal. Artinya, bisnis kita bisa semakin tenggelam di mesin pencari.

Social Media Tidak Berdampak Langsung Pada SEO

Google dan Social Media.

Google sendiri memiliki social media yang cukup ampuh, yaitu Youtube.

Sementara saingannya masih dikuasai Facebook bersama kroninya seperti Facebook dan Instagram.

Khusus untuk Instagram, banyak yang telah mulai memanfaatkannya sebagai salah satu channel strategi bisnis mereka. Bagaimana dengan kita?

Dalam kaitannya dengan SEO, platform media sosial seperti Instagram memang bukan faktor spesifik yang menentukan ranking website bisnis kita di mesin pencari Google.

Akan tetapi, Instagram berperan penting dalam usaha meningkatkan traffic maupun sales melalui konten-konten dari Instagram itu sendiri.

Google sendiri terus melakukan update untuk meningkatkan pengalaman bagi pengguna mesin pencari mereka, sementara Instagram terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Menggabungkan metrik dari Instagram ke SEO sendiri memiliki banyak potensi.

Instagram untuk Bisnis dan Potensi Besarnya untuk Mendatangkan Traffic

Terkadang, ketika kita mencari barang atau produk tertentu di mesin pencari, kita akan disuguhi berbagai brand yang biasanya ada di marketplace yang ada di halaman pertama. Seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lain-lain.

Lalu bagaimana dengan kita yang tentu 'kalah' banyak hal dibanding marketplace tersebut?

Solusinya bisa dengan memanfaatkan potensi dari media sosial seperti Instagram untuk bisnis.

Instagram saat ini telah menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia dengan jumlah pengguna hampir 1 miliar pada Juni 2018.

Sejak pertama kali muncul, saat ini Instagram telah banyak melakukan perubahan.

Dan ini bisa kita manfaatkan sebagai platform untuk membangun brand (branding) dan menjangkau banyak orang di seluruh belahan dunia.

Walaupun saat ini belum ada keterkaitan secara langsung antara Instagram dengan SEO, masih ada banyak cara untuk mempengaruhinya. Antara lain;

Cara Menggunakan Instagram

1. Membangun Brand yang Baik

Ketika kita berencana memanfaatkan Instagram untuk bisnis, maka sangat penting untuk mempertimbangkan brand image kita dan bagaimana itu akan ditunjukkan pada akun kita.

Instagram menjadi kesempatan besar untuk mendatangkan banyak calon customer.

Dengan memperbaiki biografi hingga konten yang diposting, semua ini akan membentuk kesan pertama yang bisa menentukan audiens kita. Apakah mereka tertarik dengan bisnis kita atau mereka justru tidak tertarik sama sekali.

Memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan minat audiens, maka akan banyak orang yang aktif mencari produk maupun website kita.

Hal ini pada ujungnya nanti akan dapat mengarah pada hasil SEO yang lebih baik.

2. Meningkatkan Engagement

Apa itu engagement?

Engagement adalah keterlibatan orang pada akun Instagram kita. Misalnya like, comment, repost, maupun jumlah tayangan pada postingan kita.

Meningkatkan engagement ini juga dapat membantu meningkatkan hasil SEO untuk website kita.

Menghasilkan konten yang kreatif, original, dan menarik yang masih relevan dengan niche bisnis kita, tentunya akan mendorong peningkatan engagement di akun Instagram.

Dan membangun engagement antara kita dengan audiens sangatlah penting.

Cara ini akan membantu meningkatkan profil akun kita di media sosial, dan nantinya akan meningkatkan nama brand kita di mesin pencari Google.

3. Mengoptimalkan Postingan

Mengoptimalkan konten disetiap postingan kita adalah yang paling vital, untuk membangun brand awareness maupun peningkatan engagement.

Selain memiliki foto atau video yang berkualitas tinggi serta tulisan (caption) yang menarik, konten kita sebaiknya masih relevan dengan tujuan bisnis kita.

Optimasi postingan juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram. Misalnya fitur set location, tag, mention, atau hashtag untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Dengan menambahkan caption yang menarik serta call to action (kalimat ajakan), akan membantu meningkatkan engagement audiens kita.

Pada ujungnya nanti ini akan tetap dapat mendukung kinerja website kita di mesin pencari Google.

4. Riset Hashtag yang Populer

Hashtag merupakan bagian penting dari fitur pencarian di Instagram.

Cukup banyak hashtag yang mampu kita tambahkan dalam setiap postingan kita. 

Tapi perlu diingat, jangan terlalu banyak dalam menggunakan hashtag bila tidak ingin kita dianggap spam oleh Instagram.

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mencari hashtag yang sedang trending. Mendapatkan hashtag tersebut akan mampu mendongkrak traffic pada akun kita sehingga membantu kita menjangkau lebih banyak audiens.

Bila masih kesulitan cara mencari hashtag terbaik untuk tujuan bisnis, silakan cek pada artikel saya DI SINI dan temukan hashtag terpopuler dengan cara paling mudah.

5. Posting Secara Teratur

Memposting secara teratur adalah komponen utama dalam SEO.

Hal ini juga berlaku Instagram untuk bisnis.

Memiliki postingan yang konsisten dan update menunjukkan bahwa akun Instagram kita masih aktif.

Dan untuk meningkatkan engagement serta membangun brand awareness dengan baik, maka kita harus konsisten melakukan update.

Postingan yang baru akan mengingatkan audiens bahwa akun kita masih ada, menciptakan peluang untuk engagement yang lebih banyak, dan tentu saja untuk meningkatkan traffic.

Akun Instagram bisa menjadi mediator antara kita dengan audiens atau calon customer kita. Sehingga audiens tetap merasa dekat dengan apapun bisnis kita nantinya.

Meskipun Instagram tidak berdampak langsung pada SEO, namun secara organik Instagram untuk bisnis bisa menghasilkan banyak peluang. Selanjutnya, hal ini bisa mempengaruhi peringkat website kita di mesin pencari. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Instagram untuk Bisnis dan SEO"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih