Cara Riset Keyword untuk Optimalkan Bisnis Lokal Kita

Melakukan cara riset keyword yang kompetitif dan juga SEO akan membantu mengarahkan seseorang ke dalam business kita.


Semakin tinggi peringkat kita di Google, maka potensi klik juga akan semakin tinggi.

Oh iya, dalam hal ini sebaiknya kita lebih dulu memiliki page di Google My Business.

Jika pengunjung tertarik dan kita mampu mem-follow up dengan baik, maka itu bisa dikonversikan menjadi sales.

Itulah sebabnya sebagai praktisi SEO mungkin kita sering mendengar tentang manfaat besar dari local keyword.

Meskipun pada kenyataannya, cara melakukan riset keyword lokal cukup sering diabaikan karena tidak berdampak yang signifikan.

Menurut data yang disampaikan laman www.bmmagazine.co.uk, sebanyak 75% orang mencari bisnis lokal setiap harinya. 

Dan 28% dari hasil penelusuran tersebut menghasilkan penjualan atau pembelian.

Melihat data tersebut, maka SEO local sebaiknya tidak bisa kita kesampingkan untuk tujuan memperkuat bisnis lokal kita.

Satu hal yang sering menjadikan SEO lokal ini terhambat adalah keterbatasan waktu.

Bila ini menjadi masalah, maka kita bisa memanfaatkan SEO specialist untuk membantu kita.

Tapi harus mulai darimana?

Yang pertama kali dilakukan adalah baiknya mencari keyword utama atau keyword yang sering mendatangkan traffic dalam bisnis lokal Anda.

Misalnya 'jasa artikel murah di Malang', kita bisa membuat variasi keyword lain seperti 'jasa penulisan artikel di Malang', atau 'jasa artikel Malang'.

Bagaimana cara riset keyword paling jitu (keyword lokal)?


Ada banyak tool riset keyword yang bisa kita gunakan. Seperti Google Keyword Planner atau SEMrush.

Data-data tersebut bisa kita dapat untuk mencari volume pencarian keyword di sekitar lokasi kita.

Saya coba buka menggunakan Google Keyword Planner milik Google Ads.

Kita bisa mulai mencari keyword lokal yang sedang tren atau keyword apa yang digunakan oleh pesaing kita dengan menambahkan link (url) di kotak pencarian.

Selanjutnya kita akan menemukan keyword yang terkait dengan bisnis kompetitor. Silakan cek gambar di bawah.

Cara Riset Keyword


Pada contoh di atas terlihat keyword apa saja yang cukup tinggi tingkat persaingan maupun volume pencariannya.

Hanya saja, pada saat membuat ini saya tidak melakukan campaign iklan di Google Ads sehingga diagram tidak terlihat dengan penuh.

Dari sini, kita bisa memperluas keyword untuk menyertakan lokasi lain di sekitar bisnis kita.

Namun sebaiknya jangan terlalu melebar untuk mengurangi potensi 'buang-buang duit' dalam beriklan.

Kenapa cara melakukan riset keyword lokal ini baik untuk bisnis kita?

Meskipun hasil volume pencarian masih rendah dibanding versi general, namun potensi konversinya cukup tinggi.

Ketika orang mencari istilah pencarian lokal tertentu, mereka pastinya ingin melakukan sesuatu tanpa melakukan perjalanan yang lebih jauh untuk mendapatkan keinginannya.

Jika kita berhasil mengoptimalkan keyword lokal ini, maka calon customer akan datang dengan sendirinya.

Google lebih memilih bisnis lokal daripada perusahaan yang besar

Google sendiri sudah melakukan optimasi pada pencarian lokal mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Ini adalah sebagai penyesuaian dari update algoritma mereka untuk memberikan kesempatan yang bagus bagi bisnis lokal, agar mampu bersaing dengan bisnis (kompetitor) yang lebih besar sebelumnya.

Tujuan dari Google sendiri sebenarnya adalah untuk mendekatkan pelanggan dengan tempat atau lokasi bisnis yang dicari, yang dekat dengan mereka.

Efeknya adalah pada keyword tertentu, bisnis lokal kita jauh lebih hebat daripada bisnis lain yang jauh lebih besar.

Misalnya, kita ketik 'kopi luwak', maka akan langsung muncul beberapa lokasi bisnis penjual kopi luwak di sekitar kita.

Perusahaan besar yang sebelumnya identik dengan kopi luwak akan terganti dengan bisnis lokal.

Silakan cek gambar di bawah;

Cara Riset Keyword

Bagaimana mengoptimalkan keyword lokal untuk mendapat peringkat terbaik di search engine Google?

Sama seperti contoh di atas, rata-rata bisnsi lokal yang keluar adalah tiga lokasi. Ini biasanya disebut dengan 'Local 3-Pack'.

Untuk mendapatkan tiga posisi tersebut, kita harus bisa mengoptimalkan keyword lokal dengan sempurna.

Persaingan lokal sendiri saat ini sudah cukup tinggi. Namun tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan apa saja untuk mendapatkan posisi tersebut.

Ada tiga langkah yang bisa kita lakukan;

1. Identifikasi Keyword yang Kompetitif

Frasa, kata, atau keyword yang umum digunakan adalah kunci keyword yang bisa kita gunakan.

Sekarang bisa kita bayangkan sendiri untuk menjadi pelanggan. Apakah dengan keyword yang kita pakai akan dapat dengan mudah ditemukan oleh pelanggan?

Sebelum menentukan keyword lokal tersebut, baiknya menyusun list yang relevan pada niche bisnis kita. Ini adalah awal riset keyword lokal kita.

2. Brainstorming Keyword Turunan

Setelah berhasil menentukan keyword utama, kita perlu mengidentifikasi berbagai keyword turunan yang masih relevan.

Misalnya tambahan kata 'terbaik', 'termurah', 'profesional', dan lain-lain.

Penambahan ini bisa dimaksudkan untuk lebih detail mengenai harga, kualitas, kuantitas, atau pelayanan yang bisa diberikan oleh bisnis kita.

Sudah bisa membayangkan?

3. Riset Keyword Lokal Lebih Spesifik

Langkah selanjutnya adalah riset lebih spesifik dari keyword kita. Dalam hal ini adalah lokasi geografis.

Darimana pelanggan kita nantinya berasal? Dan seberapa jauh orang akan menemukan lokasi bisnis kita?

Sertakan keyword-keyword lokal yang lebih spesifik tersebut ke dalam situs web atau blog kita, serta share di social media kita.

Jangan berhenti pada keyword, tambahkan juga hashtag (#) lokal untuk mendorong lebih banyak traffic, terlebih dalam penggunaan media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Tips tambahan untuk riset keyword lokal

Cara Riset Keyword


Untuk mengoptimalkan semua itu, maka pastikan terlebih dahulu bahwa kita sudah memiliki halaman di Google My Business.

Sebanyak 19% pencarian lokal berasal dari Google My Business ini. Jika tidak memiliki halaman sendiri, maka kita akan kehilangan banyak calon pelanggan.

Buat konten yang menarik di sekitar lokasi bisnis. Bisa berita, event, kompetisi, promo, dan lain-lain, yang sekiranya membuat pelanggan merasa tertarik dan bermanfaat untuk mereka.

Tambahkan backlink halaman kita dari berbagai channel seperti dari Google Listings, Blog, Youtube, dan banyak lagi. Semakin banyak backlink, maka semakin tinggi peluang bisnis lokal kita tampil di 'Local 3-Pack'.

Kira-kira seperti itulah cara-cara sederhana mengoptimalkan keyword lokal untuk mengembangkan bisnis lokal kita dari Google My Business.

Tujuannya adalah agar semakin tinggi traffic yang berpotensi menghasilkan konversi penjualan atau pembelian.

Semoga artikel tentang cara riset keyword lokal ini dapat bermanfaat untuk perkembangan bisnis lokal Anda. Good luck.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Riset Keyword untuk Optimalkan Bisnis Lokal Kita"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih