Bagaimana Cara Memasang Title Tag yang Friendly?

Bagaimana cara memasang title tag pada sebuah page di blog? Dan apakah hal itu benar-benar mempengaruhi SEO sebuah blog atau situs?


Bagaimana Cara Memasang Title Tag yang Friendly?


Salah satu hal yang membuat frustrasi tentang SEO adalah membuat semuanya bekerja, seperti yang seharusnya.

Jika Anda mengerti tentang SEO, maka silakan lanjutkan baca artikel ini sampai selesai.

Ada begitu banyak elemen dalam SEO yang mungkin cukup sulit untuk dikerjakan semua dan berharap berjalan dengan sempurna.

Salah satu hal kecil yang cukup mengganggu saya dalam SEO adalah page title tag.

Title tag sendiri adalah salah satu pilar dari SEO. Tatg title merupakan faktor kedua yang terpenting di halaman SEO, setelah konten pastinya.

Ingat, membuat judul yang menarik (click bait) memang penting untuk mendatangkan traffic, tapi mengoptimalkan judul juga penting untuk tujuan SEO.

Ya, ini adalah tentang cara memasang title tag pada blog.

Yaitu bagaimana judul Anda di-relay ke mesin pencari dan ini adalah salah satu strategi SEO yang cukup penting.

Lebih singkat, Anda harus membuat judul yang menarik agar di klik orang, serta menarik juga untuk mesin pencari.

Inilah tantangannya. Menarik untuk diklik dan disukai oleh mesin pencari.

Mungkin sedikit lebih sulit. Tapi coba baca artikel saya sebelumnya tentang bagaimana membuat artikel yang berkualitas (SEO) tanpa mematikan kreativitas menulis.

Ketika Anda terbiasa membuat title tag ini, mungkin Anda akan terbiasa dan pengoptimalannya menjadi cukup mudah.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari coba kita lihat mengapa title tag begitu penting dalam SEO.

Apa Itu Title Tag?

Anda pernah mencari sesuatu di Google (mesin pencari) bukan? Apakah Anda menyadari bahwa yang pertama Anda lihat adalah judul halaman?

Hasil pencarian tersebut adalah judul di SERP atau Search Engine Results Page.

Contoh: Silakan ketik 'Dropship Internasional', maka salah satu yang muncul di halaman pertama adalah blog saya ini. Hehehe.

Cara Memasang Title Tag yang Friendly

Dalam hal ini, title tag halaman saya tersebut adalah Gabung di Dropship Internasional ......

Inilah yang akan dilihat oleh orang-orang dan mesin pecari sebagai judul halaman.

Seringkali, judul inilah yang dilihat pertama kali oleh pengguna internet dan menjadi alasan besar mengapa sangat penting untuk mencurahkan waktu pada title tag ini.

Yang perlu dipahami adalah, orang-orang sedang membaca title tag Anda sebelum mereka meng-klik halaman tersebut.

Pada dasarnya, title tag adalah pesan halaman Anda kepada dunia.

Title tag bekerja dengan meta description (teks di bawah title tag). Dalam contoh 'Dropship Internasional' tadi, di bawah ini adalah meta description yang merupakan kalimat atau frasa untuk menambahkan lebih banyak informasi tentang halaman itu sendiri.



Baik title tag dan meta description sama-sama memberikan deskripsi singkat tentang konten pada halaman Anda. Akan tetapi, title tag-lah yang lebih menonjol.

Ada dua alasan besar mengapa title tag pada halaman sangat penting.

Pertama, jika Anda memiliki judul yang jelas dan relevan dengan halaman, manusia (real user) dan mesin pencari akan melihatnya sebagai tanda halaman yang bagus.

Tetapi jika title tag tidak dioptimalkan, maka akan banyak user yang melewatkan konten Anda. Sementara di mesin pencari, mereka tidak akan menganggap konten Anda berkualitas tinggi.

Alasan kedua adalah bahwa tag itu muncul di tab browser.

Cara Memasang Title Tag yang Friendly


Jadi ketika seseorang ingin menemukan halaman Anda, maka mereka akan mencari title tag Anda.

Title tag sering kali akan dilihat orang jika halaman yang Anda bagikan di social media seperti Facebook. Misalnya:

Cara Memasang Title Tag yang Friendly


Sekarang sudah mengerti kan mengapa title tag begitu penting dalam usaha SEO Anda?

Title tag yang bagus berarti tingkat visibilitas juga akan meningkat. Sementara title tag yang buruk akan dapat menenggelamkan page Anda.

Ada tiga langkah penting yang harus diambil untuk mengoptimalkan judul title tag ini.
  • Pastikan bahwa headline akan baik untuk penempatan title tag
  • Of course. Membuat title tag pastinya.
  • Pastikan bahwa title tag tersebut dioptimalkan untuk SEO

Langkah 1, Cara Penempatan Title Tag Anda


Anda mungkin bertanya bagaimana menulis title tag berbeda dengan membuat headline.

Dalam beberapa kasus, judul dan title tag Anda akan menjadi judul yang sama. Namun beberapa kasus tidak. Contohnya berikut ini.

Ketika Anda mencari dengan judul 'Jual Pulsa Murah - pulsamurahsaja.xxx'.

Tapi ketika di klik, ternyata halaman yang dituju tidak menampilkan judul seperti awal.

Kemungkinan besar ini karena title tag yang lebih pendek terlihat lebih baik oleh SERP, dan itu membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk membacanya.

Ini adalah trik untuk mengoptimalkan SEO.

Ada beberapa hal dalam membuat title tag.

Title tag harus pendek. Title yang pendek akan memudahkan orang untuk membaca dan memudahkan search engine untuk meng-crawl.

Tapi ada alasan hebat lagi kenapa title sebaiknya pendek.

Jika terlalu panjang, maka search engine akan memotong judul Anda dengan tanda seperti ini [...].

Contoh lihat pada page saya dengan keyword 'Dropship Internasional' tadi.

Idealnya, pembaca dan search engine harus dapat melihat seluruh title tag sehingga mereka mendapatkan ide terbaik tentang isi konten halaman tersebut.

MOZ melaporkan bahwa Google biasanya menampilkan 60 karakter dari title tag. Jadi, jika title tag Anda kurang dari 60 karakter, maka seluruh title akan ditampilkan.

Untuk memastikannya, Anda bisa gunakan tools Title Tag Preview Tool dari MOZ.

Ini adalah fitur yang cukup hebat untuk pengoptimalan title tag pada halaman Anda.

Selanjutnya adalah title tag harus mengandung keyword utama Anda.

Anda mungkin berharap melihat sesuatu tentang keyword utama dalam artikel tentang SEO.

Untuk hasil terbaik, cobalah untuk meletakkan keyword utama sedekat mungkin di awal judul Anda. Itu berarti mesin pencari (dan user) akan melihat keyword Anda sejak awal.

Sebagai contoh masih halaman blog saya tadi yang judulnya 'Gabung di Dropship Internasional untuk Raih Jutaan Rupiah Per Bulan'.

Tips untuk mengoptimalkan ini adalah pastikan keyword tetap terlihat organik. Lebih baik ditempatkan pada awal judul.

Namun, untuk SEO yang sudah pro mungkin trik ini tidak begitu penting :)

Cara memasang title tag yang baik juga harus menggambarkan manfaatnya. Sama seperti informasi utama, title tag perlu mengomunikasikan manfaat yang paling terlihat.

Ini adalah salah satu dari banyak alasan Google memperingatkan agar tidak melakukan keyword stuffing dan boilerplate titles.

Title tag adalah perwakilan dari halaman Anda. Anda ingin orang lain dan mesin pencari mengetahui bahwa halaman Anda memiliki konten unik dan berkualitas.

Pastikan title tag Anda terkait dengan konten Anda. Harus bisa terbaca secara alami dan menarik perhatian pembaca.

Ingatlah bahwa Anda tidak mencoba untuk menipu orang.

Yang perlu dilakukan adalah menyampaikan manfaat kepada pengguna yang telah mengklik halaman Anda.

Seringkali, 'manfaat' tidak lebih dari memberi tahu mereka tentang apa halaman itu. Pada titik, Anda tidak harus menjual apapun, cukup dengan memberikan informasi saja.

Tindakan logis selanjutnya adalah yang Anda inginkan untuk pengguna adalah dengan klik dan mendarat di halaman Anda. Itulah tujuan yang ingin dicapai pada sebuah title tag.



Sebenarnya, pemberian title tag dengan manfaat tidak begitu berdampak pada mesin pencari. Akan tetapi, hal itu akan membuat halaman Anda terlihat lebih organik dan dipercaya Google.

Terlebih dengan update algoritma terbaru Google, sepertinya mereka lebih senang dengan konten yang berbobot dan berkualitas (dengan mempertimbangkan banyak nilai).

Langkah Kedua: Cara Membuat Title Tag


Setelah merencanakan title tag, saatnya untuk mengatur title tag ke dalam headline (judul) halaman Anda.

Cara Anda melakukan ini akan bergantung pada apa yang Anda gunakan.

Banyak dari Anda mungkin bisa mengeditnya secara langsung melalui html (dan cara ini sangat mudah).

Terlebih jika Anda menggunakan WordPress.

Jika Anda menggunakan CMS atau host lain, mungkin caranya akan sedikit berbeda. Mari kita lihat masing-masing cara untuk membuat title tag ini.

Case 1: Memasang Title Tag Blog

Bila demikian, Anda bisa mengeditnya melalui edit HTML. Akan lebih baik bila Anda menghubungi hosting Anda bagaimana cara melakukannya (jika memang masih bingung).

Setelah Anda menemukan HTML yang dapat diedit, pastikan Anda berada di antara tag dan .

Setelah itu buat title tag. Contohnya seperti ini.

Cara Memasang Title Tag yang Friendly


Case 2: Menggunakan WordPress untuk Memasang Title Tag


Jika Anda menggunakan WordPress, Anda akan senang mengetahui ada solusi super sederhana yang jauh lebih mudah ketimbang edit HTML.

Ya, apalagi kalau bukan menggunakan plugin. Yang paling populer adalah YOAST SEO.

Ini adalah plugin yang super istimewa dan sangat bagus untuk mengedit title tag Anda.

Setelah install plugin Yoast SEO, Anda bisa mengeditnya (title tag) dengan mudah. Ketika Anda diberitahu bahwa ada yang tidak sempurna pada title maupun descripsi, maka dengan mudah Anda bisa mengubahnya.

Cara Memasang Title Tag yang Friendly


Langkah Ketiga: Cara Memasang Title Tags untuk SEO


Ketika berbicara tentang ini (SEO), ada beberapa langkah lagi yang bisa diambil untuk mengoptimalkan title tag Anda.

'Yay, saya sudah selesai dengan title tag saya."

Padahal, ada salah satu metode lagi dalam usaha marketing dan promosi. Yaitu share di social media.

Berikut adalah cara terbaik mengoptimalkan title tag untuk social media.

Gunakan brand Anda secara bijak. Title tag menjadi tempat yang bagus untuk menyertakan merk/brand Anda. Tetapi jika berlebihan, Anda harus siap dengan konsekuensinya.

Misalnya, dengan menyertakan brand di bagian akhir title tag (Contohnya blog saya ini. Hehehe).

Hindari double title tag. Google mungkin terkadang akan membaca bahwa title tag tersebut sudah pernah digunakan. Mengapa ini terjadi?

Menurut Silkstream, Google akan secara otomatis mengubah title Anda yang akan ditampilkan di SERPs apabila algoritma mereka mendapat kesan bahwa title page tidak akurat (tidak mewakili konten).

Jadi jika title tag Anda tidak terlihat bagus untuk Google, mereka akan mempertimbangkan faktor lain seperti:

·         On-page text
·         Anchor text
·         Structured data markup

Sebagai contoh:



Setelah itu, silakan klik kanan lalu klik View Page Source, Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda.



Google melakukan itu karena mereka merasa tag judul yang sudah mereka revisi, akan membantu lebih baik dari versi aslinya.

Jika Anda melihat title tag situs Anda berbeda, tinjau ulang dan coba untuk identifikasi mana yang terbaik untuk optimasinya.

Usahakan membuat keyword H1 berbeda dengan title tag. Dengan demikian, Anda bisa membuat dua set keyword (yang relatif) yang berbeda dalam title tag dan H1, yang secara organik dapat membantu meningkatkan SEO Anda.

Cara tersebut akan membuat search engine membaca title tag Anda sebagai heading.

Lagi, pastikan title tag tidak double. Google secara eksplisit mengatakan bahwa penting untuk memiliki judul yang jelas dan deksripsi dalam setiap page di situs Anda. Jadi hindari copy paste title tag Anda.

Bila Anda sudah melakukannya sejauh ini, Anda seharusnya sudah memiliki title tag yang di optimasi.

Kesimpulannya adalah

Berbicara SEO memang cukup rumit, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya.

Salah satunya adalah tentang title tag ini.

Dan untuk membuatnya, hanya butuh waktu SEBENTAR sekitar 1-2 menit saja. Perubahan ini sangat berarti untuk SEO Anda.

Mungkin akan selalu ada perubahan dalam usaha meningkatkan SEO situs atau blog Anda.

Bila ada saran tentang cara memasang title tag terbaru, silakan komen ya. Thanks.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Memasang Title Tag yang Friendly?"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih