Bulan Agustus Traffic Blog Turun? Sabar, Google Sedang Update Algoritma

Banyak yang mengeluh traffic drop cukup tajam. Mungkin ini karena ada update pada Algoritma Google. Apa saja perubahan yang dilakukan Google pada algoritma inti mereka?

Jika Anda melewatkan informasi ini, maka berikut adalah info resmi dari pihak Google tentang update yang mereka lakukan.

Bagaimana? Apakah Anda yang concern dengan SEO (Search Engine Optimization) cukup senang dengan penjelasan di atas?

Sepertinya masih ada yang sedikit mengganjal. Sebagai contoh:

Seperti yang disampaikan Kristine Schachinger di Twitter. Menurutnya, perubahan yang dilakukan Google dari masa ke masa adalah sama saja. Dan menurutnya, hal itu justru membuang banyak waktu karena tidak ada aturan pasti bagaimana membuat situs yang benar-benar teroptimasi oleh Google.

Setuju? Kalau saya sedikit setuju :)

Jadi, Apa Saja Tepatnya yang Terjadi Pada Update Algoritma ini?

Bulan Agustus Traffic Blog Turun? Sabar, Google Sedang Update Algoritma


Mungkin saya sedikit ketinggalan informasi tentang update ‘besar’ yang dilakukan Google pada algoritma inti mereka.

Pasalnya, saya baru mengetahui setelah beberapa di timeline social media, teman-teman saya banyak yang mengeluhkan traffic content blog mereka anjlok saat memasuki bulan Agustus 2018 ini. Terlebih pada blog mereka yang tidak menggunakan https (ssl).

Sebelum itu, yang sudah diketahui pasti adalah sudah banyak sekali update yang dilakukan Google, mungkin bisa mencapai ratusan kali setiap tahun.

Tentu Anda sudah mendengar banyak sekali nama algoritma yang disampaikan oleh Google, seperti Penguin, Panda, Pigeon, Fred, dan lain-lain.

Update algoritma ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah tertentu.

Sebagai contoh algoritma Penguin untuk mengatasi link yang tidak relevan (spam) dan anchor text.

Atau Google Panda untuk mengatasi duplikat dan keyword stuffing.

Juga ada Google Fred yang menyoroti konten yang selalu lebih fokus (lebih banyak) pada iklan/affiliate.

Semua pembaruan algoritma dari Google memiliki tujuan tertentu.

Akan tetapi, Google masih sedikit tertutup untuk memberitahu apa yang ingin mereka capai dalam setiap update algoritma.

Jika ini diumumkan, tentu saja kita dapat mengoptimasi lebih dulu sebelum mereka melakukan update. Hehehe.

Apa yang dilakukan Google pada Algoritma mereka saat ini?


Ada banyak sekali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peringkat pencarian sebuah page (halaaman) di Google.

Update algoritma terbaru ini sepertinya mengutak-atik lagi tentang seberapa penting (importance), urutan, dan seberapa besar nilai (value) dari faktor-faktor itu sendiri.

Cara sederhana untuk menggambarkannya adalah bayangkan ada 200 faktor yang mempengaruhi peringkat blog  kita, yang terdaftar berdasarkan urutan kepentingan.

Sekarang bayangkan Google mengubah 42 dari 200 faktor tersebut. Apa yang akan terjadi? Tentu saja ranking blog kita juga akan berubah.

Perubahan ini terjadi karena ada banyak faktor penyebabnya. Jadi bukan hanya satu yang menjadi penyebab tertentu.

Bingung? Baca sekali lagi.

Kalau masih bingung, close saja artikel ini karena hanya akan buang-buang waktu Anda :).

Apakah hanya itu inti dari perubahan algoritma mereka kali ini?

Tentu tidak sesederhana itu. Tapi pemaparan seperti di atas mungkin sedikit lebih baik dalam menggambarkan apa yang dilakukan Google dengan algoritma inti mereka.

Sebenarnya, ada pemaparan lagi yang sedikit lebih rumit:
“Dalam update algoritma inti ini, kami meningkatkan nilai dari keywords dalam tag H1 sebesar 2%, meningkatkan nilai HTTPS sebesar 18%, menurunkan nilai keyword dalam judul sebesar 9%, mengubah nilai D dalam perhitungan PageRank kami dari 85 menjadi 70, dan mulai menggunakan metode pengambilan TF-iDUF untuk pengguna yang masuk, menggantikan metode lama yaitu TF-PDF.”
Kira-kira, Anda lebih mudah memahami yang mana?

Pada dasarnya, hal itu berarti Google mungkin telah mengubah cara mereka menghitung nilai penting pada sebuah page atau sebuah link di PageRank, atau keduanya, atau sejumlah faktor lain yang tidak mereka sampaikan tanpa melalui algoritma.

Intinya adalah Google telah mengubah bobot dan pentingnya dari banyak faktor tadi.

Jadi, bagaimana memperbaiki kualitas sebuah blog terhadap perubahan ini?


Pihak dari Google, Danny Sullivan (Divisi Pencarian Google) menyarankan pada pemilik blog/website untuk lebih banyak waktu memahami Google’s Quality Raters Guidelines, panduan tentang rate Google.

Dia menyarankan bahwa rahasia untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik adalah konten yang lebih baik pula, dan kunci untuk konten yang lebih baik ada dalam Google’s Quality Raters Guidelines.

Untuk panduannya silakan download yang ada pada akhir artikel.



Apakah Google Quality Raters mempengaruhi ranking sebuah page/ blog?

Walaupun demikian, Danny menjelaskan bahwa Google Quality Raters tidak secara langsung mempengaruhi peringkat blog.

Hal ini karena raters (penilai) tidak memiliki input langsung ke dalam algoritma.

Bulan Agustus Traffic Blog Turun? Sabar, Google Sedang Update Algoritma


Data rate (penilai) yang masuk, menurut Danny, membantu Google memahami bagaimana update Google bekerja. Ini seperti meminta seseorang mereview makanan di restoran Anda. Tetapi mereka tidak akan pergi ke dapur dan membuat makanan. Data dari penilai ini bukanlah komponen dari algoritma.

Namun pada akhirnya, kita dituntut untuk tidak boleh puas setelah berhasil mencapai page one, karena situs-situs lain yang ada di halaman selanjutnya juga tidak akan berhenti untuk berusaha tampil di page one.

Tidak ada yang bilang SEO itu mudah. Jadi pembaruan akan terus datang lagi dan lagi.

Download Page Quality Rating Guideline disini >> Page Quality Rating Guideline

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bulan Agustus Traffic Blog Turun? Sabar, Google Sedang Update Algoritma"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih