3 Trik Membuat Artikel SEO Friendly Tanpa Mematikan Kreativitas Menulis

Apa tujuan membuat artikel SEO Friendly? Tentu saja agar semakin terlihat di halaman Google. Tapi, adakah yang merasa bahwa membuat artikel SEO Friendly sedikit mengubur kreativitas penulisan artikel?

3 Trik Membuat Artikel SEO Friendly Tanpa Mematikan Kreativitas Menulis?


Sebelumnya, semua sudah tahu kan apa itu SEO? SEARCH ENGINE OPTIMIZATION.

Saya sendiri sebenarnya bingung mengartikannya secara pasti. Hanya saja menurut saya, SEO itu intinya adalah bagaimana agar website/blog/artikel kita berada di halaman pertama Google.

Contohnya blog saya ini.

Silakan klik dropship internasional, maka Insyallah Anda akan menemukan artikel dari blog saya ini di halaman pertama. Kalau tidak, berarti memang sudah saatnya mengupdate. Hehehe.

Ok, back to basic, yaitu apakah artikel SEO Friendly kontradiksi dengan kreativitas penulisan artikel?

Misalnya, niche website Anda adalah tentang fitnes.

Setelah Anda melakukan riset berbagai keyword, Anda menemukan jual suplemen fitnes yang paling banyak dicari dan sedikit kompetisi.

Lalu bagaimana Anda membuat artikel dengan keyword utama ‘Jual Suplemen Fitnes’? Padahal artikel yang Anda sajikan hanya informasi seputar suplemen, bukan menjual suplemen?

Kasus seperti ini juga pernah saya alami sampai sekarang. Yakni antara judul dan isi artikel tidak relevan karena hanya mengejar SEO.

Namun setelah menghadap Google dan belajar sana-sini, ternyata ada beberapa cara yang dapat membantu saya mengatasi kasus seperti ini.

Di bawah ini ada tiga cara yang mungkin bisa membantu mencerahkan Anda dalam kreativitas penulisan seimbang dengan pembuatan artikel SEO Friendly.

1. Research Pain & Gain Tema Tulisan Anda

Dalam beberapa waktu, Anda mungkin telah menemukan ide yang menurut Anda cukup brilian untuk ditulis.

Dan menurut Anda, tulisan Anda nanti akan banyak dicari dan ditemukan oleh banyak orang pengguna internet.

Tapi sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana jika orang lain tidak sependapat dengan Anda? Bagaimana cara mereka menemukan tulisan Anda?

Memang, cara mudah lainnya adalah dengan beriklan di berbagai platform. Google Ads ataupun Facebook Ads.

Akan tetapi, saat ini kita berbicara tentang Artikel SEO Friendly yang berusaha mendapat traffic organic sebanyak mungkin, dengan kata lain tanpa ngiklan.

Lalu bagaimana caranya?

Tentu saja dengan melakukan riset.

Silakan riset tema/topik yang Anda pilih tersebut di Google atau bertanya kepada rekan-rekan Anda.

Pastikan Anda menggunakan keyword yang terkait dengan niche Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Ada beberapa channel yang juga dijadikan rujukan.
  • Quora
  • Reddit
  • Social Media

Dari channel di atas, Anda mungkin tidak hanya akan menemukan ide tulisan apa yang banyak diminati orang, tetapi juga dapat menemukan bahasa apa yang sempurna untuk tema tertentu.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakannya di dalam konten Anda nantinya.

Cara lain adalah dengan memantau apa yang ditulis blog lain yang terkait dengan tema pilihan Anda.

Untuk melakukannya, Anda bisa mengandalkan Google Search atau melalui tools yang lebih keren seperti Topic Research dari SEMRUSH.

Misalnya, kita memasukkan tema 'Farm Insurance' dengan lokasi di Amerika Serikat.

Maka akan muncul beberapa tema yang bisa Anda jadikan referensi dan tema yang berpotensi tinggi mendatangkan traffic lebih besar.

3 Trik Membuat Artikel SEO Friendly Tanpa Mematikan Kreativitas Menulis?

Dengan tools tersebut, Anda akan terbantu dengan pembuatan headline artikel, maupun solusi dari pertanyaan yang ada.

Kalau masih bingung tentang topic research ini, ntar saya buatkan artikelnya lagi... Kalau sempat sih… 

2. Pantau Performa Artikel SEO Friendly Milik Kompetitor


Orang yang cerdas akan selalu belajar dari kesalahannya sendiri, orang bijak belajar dari kesalahan dan keberhasilan orang lain.

Ada banyak sekali yang bisa dipelajari dari kompetitor. Bisa dimulai dari postingan.

Tapi apa yang harus Anda perhatikan?

Baca poin-poin di bawah ini..
  • Apakah masih ada celah atau topik lain yang masih setopik dengan artikel yang kompetitor publish? Dan pastinya, topik tersebut juga bermanfaat untuk Anda. Bagaimana cara mengetahuinya? Salah satunya bisa dilihat dari komentar yang ada.
  • Perhatikan juga performa konten dari kompetitor. Seberapa banyak artikel mereka dishare di berbagai sosial media. Lalu, periksa juga di SERPs peringkat artikel mereka. Anda bisa menggunakan SEO Content Template punya SEMRUSH yang bisa membantu Anda.

Dengan menggunakan tool di atas, Anda akan dibantu menemukan konten terbaik untuk next post Anda, seperti:

  • Keyword apa yang bisa dipakai berdasarkan analisis dari kompetitor.
  • Konten yang menarik tetap menjadi yang utama. Namun tool tersebut juga memberi Anda keyword semantik untuk memperkaya artikel Anda hingga mendapatkan backlink yang bagus. Perhatikan gambar di bawah (jika kurang besar, silakan klik gambarnya).

3 Trik Membuat Artikel SEO Friendly Tanpa Mematikan Kreativitas Menulis?


3. Pastikan untuk Tetap Patuh pada Persyaratan SEO


Setelah Anda mendapatkan data-data dari berbagai tools di atas, maka ini akan SANGAT MEMBANTU meningkatkan artikel Anda di halaman Google.

Yah, memang benar demikian. Tapi masih ada lagi yang HARUS Anda perhatikan.

Yaitu, konten Anda haruslah tetap memenuhi standar SEO.

Dan cara paling mudah untuk mendeteksi apakah artikel tersebut sudah SEO bisa menggunakan tools SEO Writing Assistant.

Cukup instal di Google Docs atau WordPress dan periksa secara real time seberapa SEO Friendly-kah artikel Anda.

Fiturnya antara lain;

  • Overall score adalah metrik yang menunjukkan kualitas artikel yang dihitung berdasarkan tingkat keterbacaan (readability), kata, dan keyword yang ditarget. Semakin mendekat ke angka 10, maka semakin baik artikel Anda.
  • Readability ini mengevaluasi betapa sulitnya bagi pembaca untuk membaca teks artikel berdasarkan skor dari Flesch-Kincaid.
  • Jumlah kata akan dihitung dan akan disesuaikan dengan jumlah kata rata-rata dari kompetitor Anda.
  • Target keyword adalah inti dari artikel Anda. Periksa lagi mengenai volume pencarian maupun tingkat kompetisi keyword tersebut.
  • Recommend keyword adalah kata kunci terkait yang disarankan selain keyword utama Anda. Setelah menggunakannya dalam artikel, maka akan ditandai dalam warna hijau.
  • Title ini akan menunjukkan pada Anda headline apa yang terbaik.
  • Plagiarism akan memeriksa keseluruhan artikel Anda apakah sama atau tidak dengan yang lain.


Metrik yang Anda temukan ini cukup penting untuk mengetahui seberapa bagus konten Anda dalam kaca mata SEO. Dan ini adalah langkah terakhir untuk memoles artikel ini untuk bertempur di peringkat pertama halaman Google.

Mungkin dari Anda akan berpendapat bahwa konten SEO akan menghambat kreativitas penulisan, atau tidak kompatibel.

Akan tetapi, dengan beberapa trik di atas dengan menggunakan tools yang kesemuanya gratis (free trial), Anda sedikit terbantu untuk membuat artikel yang kreatif sekaligus artikel SEO Friendly. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Trik Membuat Artikel SEO Friendly Tanpa Mematikan Kreativitas Menulis"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih