Mengganti Foto Sampul Facebook Menjadi Video

Mengganti Foto Sampul Facebook Menjadi Video - Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan video dalam cover (sampul) Facebook Anda?

Apakah Anda mau mencoba membuatnya?

Dalam artikel kali ini, Anda akan menemukan cara menggunakan cover Facebook dengan video pada halaman (fanspage) Anda.


Kenapa Menggunakan Video?



Saat pengguna mengunjungi fanspage Anda, foto sampul (cover photo) adalah salah satu kesan pertama yang akan mereka perhatikan.

Bagi pengunjung baru, foto sampul dapat membantu mewakili brand Anda dan menggambarkan tentang Anda hanya dalam beberapa detik.

Tentu akan sangat masuk akal bila foto diubah menjadi video untuk terlihat lebih menarik.

Right?

Mungkin banyak yang sudah tahu, postingan dalam bentuk video akan jauh lebih menarik daripada sekedar teks atau photo.

Coba perhatikan di News Feed Anda (Beranda/Timeline). Anda kemungkinan besar akan lebih tertarik pada postingan yang berbentuk video.

Karena video akan dapat membantu Anda mendatangkan lebih banyak visitor di fanspage dan juga mendorong engagement lebih banyak.

Sampul video akan lebih efektif jika Anda sematkan tanpa suara seperti contoh di bawah ini.



Untuk mengaktifkan suara, maka visitor akan mengklik tombol suara dan itu akan sangat baik.

Kalaupun visitor tidak mengklik, itupun tidak membuat Anda kehilangan apapun. So, akan lebih baik menggunakan metode yang pertama untuk menambah engagement.

Video yang clean, banyak ruang, atau warna-warni yang cerah, semua dapat membantu menarik perhatian para visitor fanspage Anda.

Seperti video contoh DISINI, selain dengan suara yang sangat menarik, juga pengambilan gambar yang tepat sehingga dapat menarik visitor lebih banyak.

Mungkin beberapa dari Anda masih belum memiliki fitur menyematkan video di cover atau sampul fanspage Anda. Tapi tenang, sebentar lagi Anda akan memilikinya.


Bagaimana Mengubah Cover Foto Menjadi Video?


Sangat mudah sekali untuk mengganti atau mengubah cover foto sampul halaman Facebook Anda.

Sebelum itu, siapkan dulu video yang menurut Anda paling bagus untuk ditampilkan di fanspage Anda.

Setelah itu, klik change cover (seperti pada gambar di bawah) dan pilih dari video dari Library (Perpustakaan) atau upload video baru.


Mengganti Foto Sampul Facebook Menjadi Video

Sebagai catatan, pilihlah video yang memenuhi persyaratan teknis dari Facebook. Seperti video sampul minimal berukuran 820 x 312 piksel (rekomendasi 820x462 piksel). 

Durasi video antara 20-90 detik. Jika durasi video terlalu panjang, Anda bisa mengeditnya sebelum Anda upload ke Facebook.


Mengganti Foto Sampul Facebook Menjadi Video


3 Cara Menggunakan Sampul Fanspage Facebook dengan Video


Bagaimana cara mencari video yang efektif untuk cover fanspage Facebook Anda.


Gambar Diam?

Maksudnya, menggunakan animasi karena masih dalam bentuk gambar namun hidup. Video semacam ini ditampilkan oleh Hello Social dalam laman resmi mereka.

Sementara itu, Walt Disney menggunakan video sampul untuk promosi taman baru mereka, Pandora. Ini adalah salah satu contoh yang juga bagus karena menampilkan animasi yang halus dengan membuat kesan taman dengan sebuah sentuhan magis.

Pamerkan Tentang Brand Anda

Foto adalah sesuatu yang menarik, sementara video itu dinamis. Anda dapat menceritakan tentang brand Anda secara lebih efisien dengan video. Contohnya seperti Orgain di bawah ini.



Tampilkan Cara Kerja Produk Anda

Jika Anda memiliki fanspage dengan tujuan mempromosukan sebuah produk atau jasa, maka tunjukkan secara ringkas bagaimana sistem jasa atau produk Anda.

Dalam artian, Anda menggunakan video sebagai demo produk Anda dan menjelaskan cara menggunakan beberapa fiturnya. Simak contohnya DISINI.

Conclusion...

Kita telah berada di era video media sosial, banyak situs yang menemukan berbagai cara baru untuk mendorong lebih banyak engagement melalui video.

Facebook sendiri telah melakukan uji coba ini selama beberapa bulan. Meskipun saat ini mungkin masih ada yang belum bisa memilikinya, namun menggunakan sampul fanspage Facebook dengan video adalah cara tepat untuk branding dengan cepat sekaligus menarik perhatian visitor.

Sekarang coba lakukan pada halaman Anda dan lihat bagaimana efeknya terhadap sosial media marketing Anda.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengganti Foto Sampul Facebook Menjadi Video"

  1. pertamaaax...

    udah jarang maen pesbuk loh akuuu T.T

    bener banget sekarang jamannya video ya, gif gif, meme-pun ikut-ikutan

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih