Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini

Jualan online saat ini telah menjamur dan bisa dikatakan sebagai lifestyle baru. Terutama seiring maraknya peran media sosial untuk sekarang ini.


Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini


Ada banyak media yang bisa digunakan untuk memulai jualan online. Mulai dari website, marketplace, email, atau media sosial.

Yang paling trend untuk sekarang dan banyak diaplikasikan oleh masyarakat adalah menggunakan media sosial. 

Selain untuk berhubungan dengan teman, kerabat, atau rekan sekantor, media sosial juga sekarang lebih sering digunakan sebagai alat untuk jualan online.

Kalau dulu mungkin teman Anda lebih sering membuat status galau, mungkin saat ini berganti menjadi status yang berisi tentang penawaran produk.

Berarti, teman Anda tersebut telah memanfaatkan salah satu fungsi dari media sosial, yaitu jualan online.

Nah, berikut ini ada tiga media sosial yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki.


1. Jualan Online di Facebook


Untuk saat ini, Facebook masih jadi raja media sosial untuk berbisnis, termasuk jualan online.

Platform media sosial karya Mark Zuckerberg ini sekarang mencapai 2 miliar pengguna di seluruh jagad. Ini seperti yang disampaikan sang pemilik melalui statusnya.


Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini


Sementara di Indonesia, jumlah pengguna facebook mencapai 111 juta orang. Tentu saja, pangsa besar untuk jualan online di facebook terbuka sangat lebar dengan jumlah pengguna yang cukup besar.


Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini


Facebook dipilih banyak masyarakat Indonesia sebagai media sosial andalannya karena sangat mudah digunakan, menjangkau banyak orang, dan bisa digunakan untuk berbisnis.


Saat ini, banyak diantaranya yang menggunakan facebook untuk berbisnis. Mulai dari menawarkan jasa, menawarkan produk, dan masih banyak lagi jenis bisnis yang dipromosikan melalui facebook.

Yang membuat Facebook sangat disukai untuk jualan online adalah karena mereka dapat digunakan untuk media iklan dengan harga iklan facebook yang bisa sangat murah dengan jangkauan yang cukup banyak.

Untuk urusan periklanan,  kawasan Asia Tenggara memiliki pertumbuhan pengiklan terbesar, dengan secara global Facebook memiliki 3 juta pengiklan. Ini seolah menjadi bukti bahwa facebook saat ini juga bisa digunakan sebagai ladang pendapatan.

Kenapa harus jualan online di facebook?

  • Pengguna di Indonesia yang cukup banyak (111 juta orang)
  • Mudah untuk beriklan
  • Biaya iklan yang murah dan menjangkau banyak orang

2. Jualan Online di Instagram 

Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini


Mengapa harus di instagram?

Menurut data dari Techcrunch.com, pengguna instagram saat ini mencapai 700 juta pengguna. Sementara pengguna instagram aktif diperkirakan mencapai 400 juta orang setiap harinya.

Dengan jumlah pengguna aktif yang sangat banyak tersebut, maka peluang untuk jualan online di instagram masih sangat besar. 


Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini


Maka dari itu, tidak heran jika jumlah pengiklan aktif di instagram saat ini telah mencapai lebih dari satu juta orang. 
Selain menjangkau banyak orang, ada beberapa hal yang membuat instagram berbeda dengan beberapa media sosial lainnya.

Instagram biasanya merupakan tempat dimana orang-orang mengikuti passionnya. Seperti bisnis, hobi, fashion, musik, dan masih banyak tema yang lain. 

Menurut statistik yang dikutip dari KompasTekno, 80 persen pengguna di instagram menjadi pengikut (follower) akun bisnis tertentu. Nah, karena itu ini adalah saatnya untuk lejitkan jualan online di instagram.

Tetapi untuk menjual produk di Instagram bukanlah hal yang mudah apabila Anda tidak memiliki follower.

Ya, Siapa lagi yang akan membeli produk Anda kalau bukan follower setia Anda? Jika tidak memiliki followe yang cukup banyak, maka tidak akan ada yang beli, masuk akal bukan?

Ada 2 cara untuk mendapatkan follower instagram dengan cepat:

A. Natural
Artinya, Anda melakukannya secara alami atau seperti biasa yang Anda lakukan (manual). Mencari follower yang sesuai dengan target Anda, kemudian follow dengan harapan orang tersebut dapat mem-follow balik Anda.

Atau Anda rutin mengupdate postingan secara manual setiap hari. Karena dengan mengupdate setiap hari akan membuat akun instagram Anda jadi lebih menarik karena selalu update.

B. Membeli Akun
Ini adalah cara paling praktis untuk mendapatkan banyak follower dengan cepat. Bahkan, Anda bisa mendapatkan puluhan ribu follower hanya dengan beberapa lembar rupiah.

Namun tahukah Anda bahwa follower Anda belum tentu sesuai target market Anda? Ada dampaknya? Tentu saja investasi yang Anda berikan guna membeli akun jadi sia-sia, karena follower tidak tertarik dengan produk Anda. 

Lalu Harus Bagaimana?


Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini


Pasti capek akan Anda rasakan jika melakukan semua secara manual. Mulai dari follow akun tertarget, unfollow, postingan terjadwal, hingga studi mengenai hashtag populer.

Sementara jika membeli akun instagram secara instan yang jumlah followernya sudah banyak, bisa-bisa follower di luar target dan investasi bisa sia-sia.

Jika demikian, Anda bisa memilih untuk menggunakan tools atau software yang sekiranya membantu jualan online di instagram yang Anda lakukan.

Seperti GRAMCASTER yang merupakan aplikasi untuk membuat akun instagram Anda berjalan serba otomatis. Mulai dari:

  • Auto Follow 
  • Auto Unfollow
  • Auto Like
  • Auto Comment
  • Auto Direct Message (DM)
  • Auto Repost
  • Schedule Post
  • Riset Target Market dan Hashtag

Lebih detail tentang GRAMCASTER bisa Anda lihat DI SINI


3. Jualan Online di Youtube



Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini


Media sosial lain yang sangat ampuh untuk jualan online adalah Youtube.

Salah satu media platform dari Google ini pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mempromosikan produk atau jasa dalam bentuk video.

Ya, teknik pemasaran melalui video sangat diminati oleh calon buyer sehingga promosi menggunakan youtube adalah pilihan yang sangat bijak.

Sama seperti media sosial lain, youtube juga menghubungkan banyak orang di seluruh dunia. Dan yang lebih spesialnya, calon buyer Anda tidak harus memiliki akun youtube guna melihat video promosi Anda. Ini sejatinya menjadikan youtube sebagai pangsa pasar yang sangat besar.

Menurut statistik mereka, pengguna youtube saat ini mencapai 1 miliar pengguna atau hampir sepertiga dari semua pengguna internet di seluruh dunia. Setiap hari pengguna youtube menonton miliaran jam video dan menghasilkan miliaran kali penayangan.

Secara keseluruhan, jumlah penayangan di youtube saat ini lebih besar melalui perangkat seluler (handphone).

Manfaat menggunakan youtube sebagai platform jualan online Anda;

  • Mendemonstrasikan produk
  • Menciptakan komunitas
  • Menunjukkan keahlian
  • Menghemat bandwidth
  • Menunjukkan ‘personality’ merk Anda
  • Memanfaatkan event atau promosi
  • Memecahkan masalah customer

Sebenarnya masih ada beberapa sosial media lain yang bisa digunakan sebagai media jualan online. Seperti twitter, linkedIn, Path, pinterest, snapchat, dan beberapa media sosial lainnya. 

Namun, hanya ketiga sosial media yang telah saya jabarkan yang menurut saya potensinya sangat besar untuk jualan online saat ini.

Baca Juga: Menatap Peluang Bisnis Dropship Internasional

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 3 Media Sosial yang Paling Ampuh untuk Jualan Online Saat Ini"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih