Cara Sukses Jualan Online Hanya Bermodalkan Grup Facebook

Bisnis online rupanya sudah mewabah di masyarakat Indonesia. Salah satu cara sukses jualan online adalah dengan memanfaatkan facebook grup. Bagaimana caranya?

Cara Sukses Jualan Online Hanya Bermodalkan Grup Facebook
©Kudo.co.id

Ketika berbicara mengenai bisnis online, maka Anda akan menemukan banyak jawaban.
Namun jika Anda bertanya bagaimana cara memulai bisnis online, akan ada beberapa istilah yang umum yang akan menjawabnya. Yakni;

  • Reseller
  • Dropship
  • Buat Toko Online
  • Affiliate
  • Network Marketing
Tapi ketika ditanya media apakah yang tepat untuk memulai bisnis online, maka facebook adalah solusinya.

Selain sebagai sarana umbar status, facebook juga bisa Anda jadikan sebagai media untuk kegiatan bisnis online Anda. Dan ini benar-benar cukup efektif serta sudah banyak yang membuktikannya.

Kalau mereka bisa, maka Anda pun juga bisa memanfaatkan facebook grup sebagai cara sukses jualan online.

Bisnis Online Menggunakan Facebook Page vs Facebook Grup

Cara Sukses Jualan Online Hanya Bermodalkan Grup Facebook
©wiredseo.com


Sudah bukan rahasia lagi kalau facebook fanspage (halaman) adalah salah satu cara bisnis online yang paling mudah dilakukan.

Dan fanspage (halaman) sangat tepat digunakan untuk branding.

Namun, peran ini juga bisa Anda dapat ketika membuat sebuah facebook grup. Dengan cara ini akan membuat menampung semua calon pelanggan Anda yang benar-benar berkomitmen.

Tentu, ini adalah langkah yang perlu Anda lakukan agar jangkauan (engagement) Anda jauh lebih banyak serta meningkatkan nilai produk atau jasa Anda ketimbang hanya menggunakan halaman facebook.

Postingan yang ada di fanspage akan muncul di timeline para penggemar (liker) fanspage Anda. Sementara postingan di grup hanya akan muncul pada timeline member grup.

Secara aktif Anda bisa mempromosikan fanspage ke grup ataupun sebaliknya sehingga keduanya sangat baik untuk perkembangan bisnis online Anda karenajangkauan semakin luas.

Manfaatkan Facebook Grup Sebagai Cara Sukses Jualan Online


Ada tiga pilihan utama dalam membuat grup, yaitu public (umum/terbuka), closed (tertutup/ hanya untuk komunitas tertentu), atau secret (rahasia).

Pilih salah satu yang sesuai dengan tujuan grup Anda.

Setelah Anda memutuskan tipe apakah grup Anda nantinya, maka kini fokus Anda adalah mempertimbangkan konten dan target yang ingin diraih dalam grup tersebut. Misalnya merekrut orang (MLM), list building, atau profit dari penjualan barang.

Berikut ada 4 cara sukses jualan online di facebook dengan memaksimalkan facebook grup sebagai media bisnis online Anda.

1. Selalu Siap untuk Menjadi Customer Service

Agar Anda dan pelanggan setia Anda semakin dekat, maka Anda harus siap menjadi customer service untuk menindaklanjuti setiap keluhan atau siap membantu member yang membutuhkan.

Dan ini bisa Anda wujudkan dengan membuat sebuah grup facebook.

Sebaiknya Anda merespon setiap pertanyaan atau keluhan dari member grup tak lebih dari 24 jam.

Selalu ucapkan terima kasih kepada mereka yang telah memberikan saran atau menghadapi masalah, dan pastikan Anda tengan dalam proses memperbaikinya.

2. Untuk Mendapatkan Feedback

Cara Sukses Jualan Online Hanya Bermodalkan Grup Facebook
©Marketingkeytech.com

Dalam memulai bisnis online, kita tidak harus menutup diri akan sarang dari orang lain. Terlebih dengan anggota atau member facebook grup kita.

Karena member di grup adalah benar-benar orang yang tertarget, maka beri mereka respon mengenai produk yang Anda tawarkan.

Dapatkan berbagai feedback dari member, entah itu positif maupun negatif.

Fungsinya adalah tentu saja untuk perkembangan jasa atau produk yang Anda tawarkan, apakah produk atau jasa tersebut benar-benar bermanfaat atau masih membutuhkan perkembangan.

3. Bebaskan Grup Anda dari Spam

Bukan hanya facebook, komunitas internet semua pasti tidak akan suka jika ada spam yang datang pada suatu komunitas atau facebook grup.

Karena itu, seorang admin grup harus memastikan bahwa grup benar-benar bebas dari masalah seperti ini. Para member tentunya tidak akan cukup senang pada grup yang terlalu banyak spam.

Sebelum itu terjadi, buat aturan khusus untuk para member yang bergabung di grup. Dan berilah penjelasan apa yang harus dilakukan jika member melanggarnya.

Baca Juga: Peluang Usaha Besar dengan Jualan Online di Grup Facebook, ini 3 Alasannya!

4. Facebook Grup untuk Membangun Komunitas

Kenapa dengan grup facebook? Bukan status pribadi atau status di halaman (fanspage)?
Salah satu keunggulan dengan membentuk grup facebook adalah Anda bisa membangun komunitas.

Perlu diingat, ketika Anda membuat grup, maka grup tersebut bukan tentang Anda, melainkan tempat untuk para pelanggan Anda.

Dalam grup tersebut, Anda bisa memberikan berbagai kemudahan khusus member sehingga membuat mereka merasa nyaman.

Dan juga membuat mereka yang belum bergabung, sangat ngebet ingin segera bergabung di grup Anda.

Itulah beberapa cara sukses jualan online melalui grup facebook.

Apabila Anda belum menganggap grup facebook sebagai pilihan alat marketing Anda, maka ada baiknya Anda segera mempertimbangkannya mengingat potensinya cukup besar karena ada lebih dari satu miliar pengguna yang aktif di grup facebook.

Tentu dengan memaksimalkan peran grup facebook tersebut adalah salah satu cara sukses jualan online yang bisa Anda terapkan sebagai teknik marketing Anda.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Sukses Jualan Online Hanya Bermodalkan Grup Facebook"

  1. Saya lagi mempelajari Reseller dan Dropship, rencana ada arah kesana. Grup facebook, jangah ah, sekarang orang-orang atau admin pelit. Dan banyak orang yang tidak lagi merasa nyaman dengan grup facebook. Lebih baik membuat halaman facebook sendiri, lebih enak dan tidak ada beban omelan orang lain.

    BalasHapus
  2. Grup facebook memang masih menjadi andalan hingga saat ini

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih