10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang

Kota Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang sangat tepat untuk mengisi liburan akhir tahun Anda. Ada apa saja di kota ini?

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang
©Malangkota.go.id

Kota Malang merupakan kota yang terkenal akan pendidikan, wisata, dan kota bunga (Makobu, Malang Kota Bunga).

Bila Anda ingin mengisi liburan akhir tahun, kota yang sejuk ini bisa Anda jadikan pilihan yang tepat.

Berikut ini 10 tempat wisata di Kota Malang yang wajib Anda kunjungi saat liburan akhir tahun.

1. Alun-Alun Kota Malang

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang
©poskotanews.com


Kenapa ini menjadi wajib?

Alun-alun Kota Malang adalah salah satu tempat historis di kota ini. Pasca direnovasi dengan beberapa tambahan seperti tempat bermain untuk anak, wahana air mancur, papan tempat skateboard, serta kebersihannya yang selalu terjaga, menjadikan alun-alun Kota Malang semakin nyaman untuk dikunjungi.

Anda juga dapat berjalan-jalan ke tempat lain di sekitar alun-alun. Beberapa tempat bernilai historis tinggi bisa Anda kunjungi di sekitar alun-alun. Mulai dari Kantor Pos yang tepat berada di samping selatan alun-alun, Hotel Pelangi, Sarinah, Kayu Tangan, Alun-Alun Tugu, hingga stasiun kota baru.


2. Ragam Kuliner Bakso

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang
©bakso beranak


Salah satu yang terkenal dari Kota Malang adalah wisata kulinernya. Terutama Bakso.

Bakso dikenal berasal dari Kota Malang. Di kota ini, Anda akan menemui beragam jenis olahan bakso yang pastinya bakal menggoda lidah Anda untuk mencicipinya.

Tempat kuliner bakso yang wajib Anda kunjungi antara lain Bakso President, Bakso Kota Cak Man, Bakso Damas, Bakso Bakar Pahlawan Trip, Bakso Mercon Cak Kar, Bakso sumsum Cak Hadi, Bakso Gun, Bakso Kraton Pakis, Bakso Urat Cak Nono, Bakso Duro Kepanjen, Bakso Stasiun Pak Dulmanan, Bakso Kikil Seruni, Bakso Rambutan Pak Bas, Bakso Priangan Mang Yayat, Bakso Gondol, dan yang baru-baru ini menjadi trending di Kota Malang adalah Bakso Beranak.

Sudah siap tantang diri Anda dengan berbagai olahan bakso?

3. Toko Oen

Toko Oen ©google


Apa yang spesial dari tempat ini?

Toko Oen merupakan sebuah restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Toko Oen terkenal dengan es krimnya yang khas. Dan toko ini merupakan salah satu ikon dari Kota Malang. So jika Anda berkunjung ke kota ini, maka Toko Oen sangat wajib untuk Anda kunjungi juga.

Menikmati es krim di toko ini Anda akan menikmati es krim bernuansa Belanda.

Tidak hanya es krim, Toko Oen juga menjual masakan Indonesia-Belanda dengan nuansa tempo doeloe seperti nasi goreng, gado-gado, beef steak, dan lain-lain.

Dengan kursi rotan yang nyaman untuk diduduki, Anda akan semakin betah berada di toko ini dan menikmati suasana Toko Oen sambil mencicipi menu-menu yang ada di sini.

4. Jalan Ijen

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang
©PanduanWisata.id

Jika Anda berkunjung ke Kota Malang, tak lengkap rasanya jika Anda tidak menyusuri sepanjang jalan Ijen.

Jalan Ijen (Ijen Boulevard) adalah satu tempat historis di Kota Malang.

Di sepanjang jalan ini, Anda akan banyak menemukan tempat-tempat bersejarah dengan bangunan khas tempo doloe.

Seperti Gereja Ijen. Gereja ini dapat dikatakan gereja yang paling terkenal di pusat Kota Malang.

Pertama, karena letaknya berada di jalan paling prestisius Kota Malang. Kedua, karena arsitekturnya yang khas Neo-Gothic Eropa dan berukuran cukup besar.

Maka tidak heran jika gereja Katolik yang mempunyai nama asli Gereja Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel ini menjadi favorit para fotografer serta pengamat arsitektur untuk dikulik lebih mendalam keindahannya.

Selain Gereja Ijen, adapula Museum Brawijaya yang mana di tempat ini merupakan tempat koleksi senjata dan alat peperangan di masa kemerdekaan Indonesia.

Salah satu koleksi yang benilai historis tinggi di sini adalah sebuah gerbong dan perahu sigigir.

Berdasarkan keterangan yang ada di museum ini, gerbong tersebut adalah satu dari tiga gerbong maut yang digunakan untuk mengangkut 100 orang tahanan Belanda dari Bondowoso menuju Surabaya. Gerbong tersebut tidak memiliki ventilasi yang cukup sehingga mengakibatkan hampir separuh dari para pejuang kita tewas dalam perjalanan.

Memang, museum seperti ini sepertinya terpinggirkan dengan beragam wisata lain. Namun, karena kondisi negara yang sedang diributkan oleh isu korupsi dan politik kepentingan, berkunjung ke tempat bersejarah seperti museum ini akan memberikan angin baru pada pikiran kita akan apa sebenarnya arti sebuah negara.

5. Liburan Akhir Tahun di Pantai

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang
©WisataTempat.com

Sekarang beralih ke bagian selatan tepatnya di Kabupaten Malang.

Menghabiskan liburan akhir tahun di pantai adalah salah satu pilihan yang cukup banyak peminatnya.
Dan pilihan tersebut bisa Anda jatuhkan pada beberapa pantai di Kabupaten Malang yang sudah terkenal.

Mulai dari pantai Balekambang yang terkenal karena replika dari Tanah Lot di Bali. Pantai ini akan sangat ramai dipenuhi wisatawan pada saat liburan.

Pantai lain di Malang selatan yang bisa Anda kunjungi antara lain Pantai LICIN, PANTAI TENGER, PANTAI WEDI AWU, PANTAI PAKISAN, PANTAI LENGGOKSONO, PANTAI BANYU ANJLOK, PANTAI SENDIKI, PANTAI TAMBAN, PANTAI SENDANG BIRU, PANTAI TIGA WARNA, PANTAI GATRA, PANTAI GOA CINA, PANTAI BAJUL MATI, PANTAI BATU BENGKUNG, PANTAI KONDANG MERAK, PANTAI PASIR PANJANG, PANTAI MODANGAN, dan masih banyak pantai-pantai lain.

Namun khusus untuk pantai Tiga Warna, Anda diwajibkan untuk booking tempat dulu jika ingin berkunjung ke sini. Ini karena pantai Tiga Warna adalah salah satu pantai konservasi yang sangat dilindungi karena beragam keindahannya.

6. Waduk Selorejo

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang
©google

Bergeser ke sisi barat Kabupaten Malang, lebih tepatnya di Pujon, Ngantang, dan Kasembon.

Di tiga kecamatan tersebut, Anda akan menemukan sejumlah destinasi wisata yang tak kalah seru. 
Menikmati pemandangan di Waduk Selorejo di Ngantang atau seru-seruan bermain rafting di Kasembon. 

Jika Anda ingin menikmati wisata alam, Anda tinggal menuju ke Pujon yang cukup banyak memiliki air terjun. Seperti Air Terjun Coban Rondo, Air Terjun Coban Tengah, atau Air Terjun Sumber Pitu.

Pastinya menikmati air terjun dengan udara yang sejuk akan membuat Anda betah berada di tempat-tempat eksotis ini.

7. Air Terjun

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang


Beberapa air terjun yang tak kalah indahnya juga berada di tempat lain di Malang selain di Pujon.

Beberapa wilayah di Malang Selatan juga memiliki air terjun yang eksotis seperti Coban Nirwana, Coban Tundo, Coban Gintung, Ciblungan, hingga Tumpak Sewu (perbatasan Malang dan Lumajang).
Jadi jika Anda baru saja atau sebelum menikmati wisata pantai di Malang Selatan, beberapa wisata air terjun sejatinya layak untuk Anda kunjungi juga.

Beberapa air terjun lain juga ada di kabupaten Malang seperti Coban Pelangi (Poncokusumo), Sumber Pitu (Tumpang), Coban Cinde (Tumpang), Coban Jahe (Jabung), Coban Trisula (Poncokusumo), Coban Siuk (Jabung), Coban Parang Tejo (Dau), Coban Glotak (Wagir), dan beberapa coban lain.

8. Bukit Teletubies Gunung Bromo

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang
Bukit Teletubies


Menghabiskan liburan akhir tahun di gunung bromo sangat banyak dinikmati wisatawan lokal maupun interlokal, eh, internasional.

Menikmati Sunrise dan Kawah di Gunung Bromo akan menjadikan liburan Anda menjadi lebih seru.
Dan salah satu destinasi wisata di tempat ini adalah bukit teletubies dan padang rumput (savana).

Apabila Anda berkunjung ke Bromo via Malang (jalur yang juga dilewati untuk menujung Gunung Semeru dan Ranu Kumbolo), Anda akan menikmati bukit teletubies ini.

Hamparan padang rumput yang hijau dan bukit yang berjajar jajar indah sekali di tumbuhi rerumputan seolah mengingatkan pada film anak-anak yaitu Teletubies.

Penampakan Bukit Teletubbies di sertai padang savana dibawahnya membuat lokasi ini sering jadi tujuan penting bagi para hunter foto.

Bahkan beberapa lokasi di sini tidak hanya tepat untuk mengisi liburan akhir tahun saja, melainkan juga objek untuk foto pre-wedding karena lokasinya cukup romantis dan menawan.

9. Menikmati Car Free Day dan Pasar Pagi

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang
©google

Car Free Day (CFD) sejatinya telah banyak diadakan di beberapa kota di Tanah Air. Namun bagaimana jika merasakannya tepat di saat pergantian tahun dan juga di kota lain?

Untuk tahun baru 2017 nanti bertepatan dengan Hari Minggu yang mana diadakan CFD. Menikmati CFD di Kota Malang tepatnya di Jalan Ijen akan menjadi salah satu pilihan jika Anda menghabiskan liburan akhir tahun ini.

Berbagai aktivitas akan Anda temukan di sini mulai dari olahraga, hiburan, komunitas, dan beragam kegiatan lain.

Sudah puas di CFD, Anda bisa bergeser ke Pasar Minggu yang digelar setiap Hari Minggu di seputar Stadion Gajayana.

Di pasar ini Anda akan menemukan beragam produk yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tentu, dengan harga yang relatif murah. 

Belum lagi wisata kulinernya yang sangat beragam sehingga sangat sayang bila Anda lewatkan tempat ini pada saat liburan akhir tahun nanti.

10. Mengakhiri Liburan Akhir Tahun di Kota Batu

Alun-alun Kota Wisata Batu ©google

Setelah puas 'mengobok-obok' wisata di Kota Malang dan Kabupaten Malang, kini saatnya beralih ke tetangga yang wisatanya juga tidak kalah hebat, Kota Wisata Batu.

Kota yang terkenal dengan Kota Apel ini sudah pasti akan dijejali wisatawan dari banyak kota karena Kota Batu merupakan salah satu tempat liburan yang sangat tepat.

Mengapa tempat ini jadi jujukan berlibur? Karena Kota Batu menghadirkan berbagai wahana yang sangat menarik.

Dimulai dari Alun-Alun Kota Batu yang didesain sedemikian rupa sehingga sangat menarik wisatawan. 

Pesona alamnya yang tak kalah seru seperti adanya air terjun coban talun dan coban rais. Pun demikian wisata Paralayang yang ada di Gunung Banyak.

Berada di atas gunung ini mata Anda akan dibuat terkesima dengan pemandangan Kota Batu yang terlihat di bawah. Di gunung ini, Anda akan menikmati wisata paralayang serta omah kayu (rumah yang terbuat dari kayu dan ditempatkan di atas pohon).

Dan yang membuat spesial dari kota ini adalah beberapa wahana yang seru untuk liburan akhir tahun bersama keluarga. Seperti Jatim Park 1 & 2, Museum Angkut, Agrowisata, Eco Green Park, Batu Night Spektacular (BNS), Predator Fun Park, atau Museum Bagong.

Mengakhiri liburan akhir tahun ke Kota Malang dan mengakhirinya di Kota Wisata Batu sepertinya akan membuat liburan Anda seru dan terpuaskan.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh buat keluarga di rumah. Oleh-oleh khas Malang dan Batu antara lain keripik tempe, keripik nangka dan apel, bakso, atau atribut klub sepakbola kebanggaan Malang, AREMA INDONESIA.

Selamat menikmati liburan akhir tahun dan semoga resolusi tahun 2017 Anda dapat terwujud. Amin.

Buruan Pesan Tiket Liburan Anda Sekarang!!





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 Destinasi Liburan Akhir Tahun di Malang"

  1. Pastinya aku lebih memilih bakso atuuh,, terutama kalau baksonya gede2 and harganya murah heheh XD

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih