Filosofi Panjat Pinang

© kompasiana - Lomba Panjat Pinang.

Selain menyambut Lebaran, sebagian masyarakat Indonesia mulai menyiapkan beragam acara untuk menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68. Salah satu lomba Agustusan yang sering diadakan adalah panjat pinang.

Panjat pinang ini merupakan lomba tradisional yang biasanya diadakan saat perayaan hari jadi Indonesia. Menurut catatan wikipedia, panjat pinang di Indonesia berawal sejak zaman penjajahan Belanda. Orang bule menggelar acara ini ketika ada hajatan, pernikahan, dan sebabainya.

Awal mulanya, orang Belanda mengadakan Panjat Pinang sebagai bahan lelucon. Kumpeni dulu sering terbahak-bahak ketika melihat orang Pribumi dengan susah payah serta berlumuran keringat memanjat pinang. Namun hingga kini, lomba tersebut justru dilestarikan di Indonesia.

Tapi tidak jarang panjat pinang ini menimbulkan pro dan kontra. Bagi yang kontra, mereka menganggap bahwa panjat pinang mengajarkan pesan yang salah untuk pemuda Indonesia. Selain itu, ada yang menilai jika panjat pinang adalah permainan yang menyakitkan tapi mengapa dilestarikan.

Bagi yang pro (termasuk saya), ada makna sangat spesial dibalik panjat pinang ini. Seperti kerja keras untuk mencapai suatu ambisi, gotong royong dan pantang menyerah. Dimana, dengan pondasi yang kuat maka ketika di atas tidak akan mudah dirobohkan.

Sekian dan terimakasih. Selamat Hari Raya Idul Fitri yah bagi yang merayakan. Jangan lupa, semarakkan kemerdekaan Indonesia yang ke-68. Merdeka!

sumber: wikipedia

Subscribe to receive free email updates:

40 Responses to "Filosofi Panjat Pinang"

  1. ayo diramaikan panjat pinang nya

    BalasHapus
  2. wah gitu ya gan :D jadi ke inget agustusan :p

    BalasHapus
  3. wah, jadi gak sabar nih gan mau ikutan lomba panjat pinang nya,.

    di tempat saya juga setiap tahun selalu di laksanakan tuh gan lomba panjat pinang nya,.

    nice share gan :D

    BalasHapus
  4. diambil baiknya aja ya dan hikmahnya

    BalasHapus
  5. Pernah lihat di tv.. katanya memang begitu, jaman dulu Belanda yg bikin....

    BalasHapus
  6. panjat pinang memang meriah ya.... terimakasih filosofinya .. ternyata begitu ya

    BalasHapus
  7. Oh jadi begitu to asal-muasal kenapa ada lomba panjat pinang. Saya malah baru tahu mas hehehe :D
    Thanks ya atas informasinya :)

    BalasHapus
  8. saya mau komen persis dengan Mbak Ririn di atas. jadi begitu saja ya..

    BalasHapus
  9. apapun, mestinya pertimbangan historis tetap yang dikedepankan. jadi saya pilih ini menyakitkan dan tidak perlu dilestarikan.

    BalasHapus
  10. udah lama gak liat panjat pinang, terakhir pas SD kalo gak salah.....

    BalasHapus
  11. itulah indonesia raya
    panjat pinang saja dijadikan pro kontra
    ambil sisi hepinya aja kan enak

    BalasHapus
  12. Dan saya termasuk yang pro.
    Orang hiburan kok dilarang. Filosofinya memang tepat. Jika ingin mendapatkan sesuatu ya harus berjuang.

    BalasHapus
  13. paling seneng lihat panjat pinang, karena lucu dan kalau tidak bisa mengambil bisa mlorot lagi karena licin

    BalasHapus
  14. asal jangan panjat pagar tetangga saat malam aja, pasti di geruduk orang ronda

    BalasHapus
  15. menarik sekali acara ini.. salam aidilfitri dari saya juga buat sahabat..

    BalasHapus
  16. yey! bentar lagi panjat pinang ... :D

    BalasHapus
  17. ya ampun... cuma permainan untuk hiburan tujubelasan aja di bikin pro kontra (nggilani) .. jabang bayi deh...

    orang indonesia kebiasaan mengartikan sesuatu yang salah, dan langsung di yakini.. huuu norak bgt deh...

    BalasHapus
  18. eits,jangan slah..ini permainan seru banget,g ada panjat pinang di hari kemerdekaan nggak seru kayaknya...dulu saya prnah ikut,mlorot terus hahahaah

    BalasHapus
  19. Tapi menyenangkan kalau pas lomba panjat pinang, geli jadinya..
    terima kasih telah berbagi filosofinya..

    BalasHapus
  20. hehe. kalau aku, memang tak aku masuki acara panjat pinang ni kerana aku takut pada ketinggian..hehe

    BalasHapus
  21. Lomba panjat pinang ini biasanya diselenggarakan dalam rangkaian perayaan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia. Sangat meriah dan menarik sekali. Pohonnya yang licin membuat pemanjatnya berkali-kali harus melorot ke bawah.

    Untuk meraih kemenangan dan kesuksesan ternyata tidaklah mudah. Kita diharapkan untuk saling membantu, tolong-menolong, dengan fisik yang kuat, pikiran yang cerdik, dan rencana matang untuk meraihnya.

    Ilustrasi gambar yang menarik. Salam cemerlang!

    BalasHapus
  22. saya ga pernah main ini. hehe. jadi maluu

    BalasHapus
  23. Aku setuju dengan komentar Mas Zach deh.

    BalasHapus
  24. jadi bahan tertawaan,,,\

    jadi galau harus ikut bahagia ato ga dengan panjat pinang

    BalasHapus
  25. ane pernah ikut gan...tapi gak pernah sampai atas.. hehe

    BalasHapus
  26. hem.. di tempat saya malah bagian panjat pinang ini yang paling di tunggu ... ada sensasi tersendiri :D

    salam kenal

    BalasHapus
  27. bener banget sam, disitu ada nilai filosofi perjuangan..
    ini salah satu yg mnarik saat tujuh belasan

    BalasHapus
  28. nanti 17 agustus ada lomba lagi ya hahaa

    BalasHapus
  29. kayaknya saya adalah salah satu orang yang pro terhadap "panjat Pinang" Merdeka ............!!!

    BalasHapus
  30. bentar lagi 17san ya.. gak terasa :)

    BalasHapus
  31. ternyata ada filosofinya ya panjat pinang,, saya malah ga pernah kepikir sampai sejauh itu..memang keren gagasan atau ide postingannya,

    btw - sekalian ngucapin selamat hari raya idul fitri mhn maaf lahir dan batin ya gan

    BalasHapus
  32. http://www.bursanomercantik.com/ #nomorcantik

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih