Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Payments?

Yes, sebentar lagi kemungkinan kirim uang bisa melalui WhatsApp Payments. Bagaimana cara menggunakan WhatsApp Payments nantinya?

Raksasa Social Media, FACEBOOK, sepertinya memang masih menjadi penguasa untuk urusan social media maupun social networking. Secara perlahan, kemampuan bisnis mereka juga menyaingi Google (Google AdWords) melalui Facebook Business.

Perusahaan yang digawangi oleh Mark Zuckerberg bertahun-tahun telah menjadi penguasa internet melalui jejaring sosial Facebook.

Setelah cukup sukses dengan Facebook, mereka akhirnya juga membeli socmed lain yang dikira akan meledak pada kemudian hari, yaitu Instagram.

Dan benar saja, beberapa tahun setelahnya Instagram menjadi trend social media. Hampir semua orang kini memiliki Instagram.

Aplikasi social network (chatting) juga tak luput dari koloni mereka. Facebook Messenger sudah lebih dulu eksis ketimbang WhatsApp. Dan WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Perkembangan WhatsApp yang Tak Terkendali

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Payments?


Salah satu yang membuat WhatsApp diunduh oleh banyak pengguna smartphone di dunia karena mereka yang selalu update. Entah itu fitur maupun teknologi yang ditawarkan oleh mereka.

Seperti halnya WhatsApp Stories. Sebenarnya fitur ini lebih dulu digunakan oleh pesaing mereka, yakni SnapChat. Namun nyatanya, Stories miliki WhatsApp ini justru lebih banyak digunakan.

Hingga akhir tahun 2017 lalu, pengguna WhatsApp di seluruh dunia telah mencapai 1,5 miliar pengguna setiap harinya. Padahal di bulan Juli tahun 2017, jumlahnya masih sekitar 1,3 miliar pengguna. Dan pada akhir tahun lalu, tercatat ada 60 miliar pesan yang dikirimkan setiap harinya.

Capaian tersebut sudah melewati Facebook Messenger yang 'hanya' mencaplok pengguna sebanyak 1,3 miliar orang.

Karena semakin besar itulah, Facebook dan koloninya terus melakukan perkembangan pada WhatsApp. Setelah sukses dengan Storiesnya, WhatsApp kini juga tengah bersiap meluncurkan WhatsApp Payments.

Cara Menggunakan WhatsApp Payments


Pada awal tahun ini, WhatsApp memang digadang-gadang akan segera meluncurkan sebuah fitur yang rasanya akan dibutuhkan oleh banyak orang. Yaitu membuat kirim (transfer) uang jadi lebih praktis hanya melalui aplikasi ini.

Dan nama fitur tersebut adalah WhatsApp Payments. Sejak saat itu, banyak orang yang berupaya untuk mencari cara menggunakan WhatsApp Payments maupun segala hal tentang aplikasi ini.

Pihak Facebook sendiri disebut-sebut telah melakukan pengembangan pada fitur WhatsApp Payments selama tiga setengah tahun. Namun, fitur yang masih dalam program beta ini masih diuji coba di India.

Di India, WhatsApp bekerja sama dengan beberapa bank di sana.

Proses atau cara menggunakan WhatsApp Payments ini sendiri cukup sederhana dan menggunakan sistem UPI atau Unified Payments Interface.

Untuk mereka yang merasakan versi beta ini, terlebih dulu harus mengunggah aplikasi WhatsApp terbaru di Android maupun iOS mereka.

Caranya adalah cukup dengan mengklik ikon attachment di chat window (langkah yang sama seperti mengirim kontak, media, lokasi, dan lain-lain). Selanjutnya, Anda akan menemukan pilihan payments.

Meskipun demikian, WhatsApp Payments sendiri sifatnya masih peer to peer. Artinya adalah transfer bisa dilakukan hanya pada sesama pengguna WhatsApp, dan tidak bisa dilakukan dengan pihak ketiga.

Yang paling utama dalam menggunakan fitur WhatsApp ini nantinya adalah memastikan bahwa nomor WhatsApp sama dengan nomor yang terhubung dengan akun di bank yang telah terdaftar.

Pada uji coba versi beta di India ini, WhatsApp telah bekerja sama dengan 70 bank yang ada di sana.

Selain itu, buku catatan transaksi atau history transaksi juga akan tercatat pada opsi history di WhatsApp Payments.

Meskipun uji coba tengah dilakukan, tidak menutup kemungkinan mereka (Facebook) akan terus melakukan pengembangkan agar pada saat diluncurkan secara resmi fitur tersebut siap digunakan.

Kapan fitur ini akan meluncur ke Indonesia dan bagaimana cara menggunakan WhatsApp Payments nantinya? Cukup menarik untuk kita tunggu.

ARTIKEL TERKAIT

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Payments?"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih