5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya

Cara mencari supplier dropship sebenarnya cukup mudah, namun untuk mencari yang terpercaya itu yang gampang-gampang susah ditemukan.

Dropship merupakan sebuah metode jual beli dimana penjual tidak mempunyai stok barang ataupun menjalankan proses pengiriman.

Dan ternyata, bisnis ini seperti menjadi sangat populer di masa sekarang. Hanya bermodalkan media sosial seperti Facebook dan Instagram, seseorang dapat menjalankan bisnis atau berjualan meskipun tidak memiliki produk sendiri maupun melakukan pengiriman.

Salah satu alasan mengapa bisnis dropship banyak dilirik ialah karena usaha ini bisa dijalankan dari rumah, baik secara offline maupun online. Adapun cara yang dipilih untuk berjualan online ini terdiri dari beragam cara. Sebut saja dengan membuat blog online, situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, BBM (BlackBerry Messenger), Whatsapp, dan Instagram.

Para dropshipper, sebelum memulai mempromosikan jualan, pastinya membutuhkan yang namanya supplier atau pemasok barang yang akan dijual.

Dengan menjalankan bisnis dropship sama halnya dengan membangun toko pribadi. Hanya saja Anda sebagai dropshipper harus berhati-hati dalam menerapkan cara mencari supplier dropship yang terpercaya.

Apalagi jika Anda hanya mengenalkannya lewat online. Tentu Anda tidak inginkan kalau nama baik produk atau brand Anda tercoreng hanya karena ulah supplier yang tidak bertanggung jawab?

Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa tips cara mencari supplier dropship terpercaya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Cara Mencari Supplier Dropship dengan Menggunakan Rekening Bersama (RekBer)

Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya


Trik yang pertama ini mungkin belum banyak dilakukan oleh pebisnis dropship. Ya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa memakai rekening bersama.

Uang dari pembelian produk tidak langsung ditransfer ke supplier, Sehingga apabila produk yang dibeli tidak dikirim, Anda bisa selamatkan uang Anda. Langkah ini lebih efektif ketimbang menggunakan rekening terpisah.

Inilah yang sangat lazim dilakukan banyak pemain dropshipper saat ini. Terlebih, ada beberapa marketplace yang memang sangat mendukung untuk bisnis dropship. Seperti TokoPedia, Shoppee, Supplier.id, DropshipAja, CakNing, DusDusan, dan beberapa lagi yang lain.

2. Tidak Mudah Tertarik dengan Testimoni

Testimoni adalah sebuah bentuk trust dari customer-customer yang sudah membeli produk atau jasa dari toko tertentu. Dan ini, biasanya menjadi andalah supplier untuk menjangkau calon-calon pengusaha dropship yang baru.

Dengan harapan bahwa produk mereka (supplier) semakin laris terjual di masyarakan karena semakin banyak orang yang menjual produk mereka.
Meskipun demikian, bagi para dropshipper, hanya mengandalkan testimoni rasanya tidak cukup.

Cara mencari supplier dropship hanya dengan mengandalkan testimoni bisa jadi malapetaka bagi Anda. Sebab, banyak orang yang berjualan dengan tanggapan atau testimoni yang dipalsukan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk meraup keuntungan berlebih.

Rekomendasi paling tepat untuk mengetahui kualitas suplier ialah dengan membeli produknya terlebih dahulu. Perhatikan apakah produk tersebut dikemas baik atau tidak.

3. Cara Mencari Supplier Dropship dengan Langsung Datang ke Toko

Keberadaan supplier-supplier yang kurang terpercaya biasanya sangat sulit dideteksi.

Menyambangi toko tempat supplier berjualan nyatanya memang menjanjikan hasil yang lebih memuaskan daripada mengedepankan internet atau sosial media untuk berlangganan.

Selain memastikan detail barang yang akan Anda tawarkan pada konsumen, dari ini Anda juga bisa menyimpulkan apakah pemasok barang tersebut bersedia menjanjikan kualitas yang oke untuk barang yang akan Anda jual atau tidak.

Selain untuk menghindari penipuan, cara mencari supplier dropship terpercaya ini juga mampu membangun keakraban Anda dengan supplier. Sehingga hubungan bisnis yang Anda bangun pun akan berkembang dengan baik.

Adapun jika masih ada  yang mengganjal dengan beberapa hal seperti kepuasan terhadap produk, cara pengiriman, dan lain-lain, Anda juga bebas menanyakan apa yang menjadi kemauan serta masih menyisakan tanda tanya di pikiran Anda.

Jadi ketika misalkan Anda mendapatkan respon kurang baik atau terjadi kekeliruan dari produk yang Anda jual (produk yang diminta customer berbeda dengan yang dikirim oleh supplier), maka Anda dapat langsung menghubungi si supplier dengan cepat.

Cara mencari supplier dropship pada poin ini bisa Anda lakukan apabila toko fisik atau lokasi asal supplier berada di tempat yang mudah Anda jangkau. Kalaupun tidak karena lokasi supplier yang terlalu jauh dengan tempat tinggal Anda, mungkin Anda bisa mengandalkan cara pada poin pertama dan kedua di atas.

4. Cari Tahu Seberapa Pengalaman Supplier

Kenapa ini cukup penting dilakukan? Ya pastinya adalah agar Anda terhindar dari berbagai masalah jual beli online yang cukup sering terjadi, yaitu penipuan.

Dalam beberapa kasus memang terjadi penipuan dengan modus transfer ke supplier lalu mereka akan mengirimkan barang. Namun kenyataannya barang tidak kunjung dikirim dan bahkan pada akhirnya kontak kita di blokir.

Tidak ingin ini terjadi pada Anda bukan?

Setelah memperhatikan tiga langkah sebelumnya, maka sekarang yang cukup penting juga untuk dilakukan adalah menyelidiki dan mencari tahu latar belakang supplier Anda.

Cara ini bisa Anda mulai dengan mencari tahu nomor rekening yang sering digunakan transaksi oleh pihak supplier.

Trik ini bertujuan untuk meyakinkan Anda bahwa supplier tersebut belum pernah terlibat dalam penipuan online. Pengamatan ini juga mempunyai misi untuk mengetahui apakah supplier yang Anda sambangi benar-benar menjual barang yang Anda mau atau tidak.

Cara cek rekening tersebut apakah benar atau tersangkut kasus penipuan, Anda bisa cek di beberapa situs online yang menawarkan bantuan tersebut kepada Anda. Seperti kredibel.co.id, cekrekening.com, dan beberapa lagi lainnya.

5. Jangan Lupa, Selalu Tanyakan Stok Produk


Pada awal-awal saya melakukan dropship, ini adalah salah satu kesalahan yang sering saya lakukan. Memasang banyak produk dropship di beberapa marketplace tanpa selalu mengecek ketersediaan produk itu sendiri.

Akibatnya, saya sering meng-cancel orderan hanya karena tidak mengupdate stok sehingga banyak orang ‘kecele’. Tentu ini berpengaruh pada toko online saya karena ada beberapa kali transaksi gagal. (maaf sedikit curhat).

Selain itu, jaminan stok produk dari supplier cukup penting untuk meningkatkan brand toko kita. Sebab tidak semua supplier selalu ready stok, sebagian dari mereka biasanya pre-order.

Penting mengetahui hal semacam ini agar Anda bisa memperdiksi berapa lama barang yang dipesan oleh konsumen akan sampai. Proses pelayanannya pun tidak akan diperlambat dengan dalih waktu suplai yang dibutuhkan para suplier.

Jika produk yang Anda jual pre-order, Anda harus menjelaskan kepada pelanggan Anda agar mereka sedikit bersabar dengan pengiriman barang yang agak lama.

Itu dia 5 cara mencari supplier dropship terpercaya. Pastikan Anda tidak keliru ya?

ARTIKEL TERKAIT

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih