20 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Melalui Artikel SEO Friendly

Cara meningkatkan pengunjung blog bisa dimulai dengan pembuatan artikel. Apa saja langkah yang harus dilakukan?

Kenapa orang harus ramai-ramai mengunjung sebuah blog? Dan kenapa orang harus mengunjungi blog Anda?

Inti jawaban dari kedua pertanyaan tersebut adalah karena kontennya. 

Yes, konten dalam blog atau website tersebut sangatlah menarik dan dibutuhkan oleh para pembaca. Kenapa menarik? Karena terdapat beberapa postingan (artikel) yang memberikan solusi pada setiap masalah.

Artikel yang sangat menarik banyak pembaca adalah artikel yang memberikan informasi dengan detail serta memberikan solusi atas setiap masalah yang ada.

Artikel semacam ini sangat perlu Anda buat sebagai cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat.

Apakah sudah cukup hanya dengan membuat artikel yang menarik? BELUM TENTU.

Calon pembaca blog Anda tidak akan mengetahui blog Anda jika tanpa Google. Betul? 

Pertama, mereka (pembaca) lebih sering akan mencari artikel yang mereka butuhkan melalui Google (search engine). Setelah itu, baru akan ada beberapa opsi artikel sesuai dengan keyword (kata kunci) yang mereka inginkan. 

Jadi, langkah pertama sebelum Anda membuat artikel adalah sebaiknya optimasi keyword yang ingin Anda tembak. Tujuannya sudah jelas, agar cepat diindeks oleh Google dan mudah dilihat pembaca pada halaman pertama mesin pencari.

Optimasi Artikel Sebagai Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat?

Memang, optimasi ini membutuhkan waktu dan harus konsisten melakukannya. Meski begitu, hasil yang ditunjukan jika Anda sudah melakukannya akan Anda rasakan sendiri.

Apa saja hasilnya? Selain bisa meraih peringkat teratas pada halaman pertama Google, praktis hal itu akan mampu mendongkrak jumlah pengunjung blog Anda.

Traffic blog semakin ramai dari hari ke hari akan membuat blog Anda semakin terkenal bagi mesin pencari. Sehingga lebih banyak orang lagi yang dengan mudah menemukan blog Anda (Uniq Visitor).

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog melalui optimasi artikel ini? Dan adakah hubungannya dengan SEO (Search Engine Optimization).

Sebelum itu, ke-21 cara ini nanti akan dibagi menjadi tiga tahap. Yaitu:
  • Pilih keyword yang ditembak
  • Tulis artikel 
  • Optimasi artikel

Ketiga tahapan tersebut merupakan salah satu optimasi SEO pada sebuah blog. Yakni melalui pembuatan artikel yang SEO friendly sehingga lebih mudah dibaca oleh Google.

Untuk detailnya, mari kita bedah satu persatu tahapan yang harus dilakukan.

Tahap #1 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog - Pilih Keyword

1. Cara Menambah Traffic Blog dengan Pemilihan Keyword Utama

Ini biasanya memang cukup sulit dilakukan oleh blogger. Yaitu melakukan research keyword. Untuk melakukannya, Anda bisa meminta bantuan Google AdWords Keyword Planner untuk menemukan kata kunci dengan pencarian terbaik. 

2. Sematkan Keyword Turunan

Agar mesin pencari lebih mudah menemukan artikel dan juga blog Anda, maka dalam setiap pembuatan konten selain menempatkan keyword utama, sebaiknya juga selipkan beberapa keyword turunan yang relevan dengan keyword utama tadi.

Misalnya, keyword utama Anda adalah 'Jual Beli Mobil Bekas'. Maka untuk keyword turunan bisa Anda sematkan keyword 'Jual Beli Mobil Bekas Murah' atau 'Jual Beli Mobil Bekas Termurah'.

Tahap #2 Cara Menambah Visitor Blog dengan Konten Terbaik

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

3. Buat Artikel Sesuai Keinginan Pembaca

Artinya, hindari membuat konten yang terlalu SEO sehingga sangat sulit dipahami oleh pembaca Anda. Buatlah artikel yang mudah dibaca dan manusiawi.

4. Posting Artikel yang Sedikit Lebih Panjang

Postingan atau artikel yang seperti ini sudah terbukti lebih 'unggul' di search engine dibanding dengan postingan lain yang lebih singkat. Postingan yang dimaksud biasanya memiliki panjang karakter antara 500-2500 kata.

5. Masukkan Keyword Utama di Dalam Artikel

Masukkan keyword utama tadi dalam artikel dengan jumlah yang cukup banyak. Akan tetapi, pastikan kontennya tetap alami dan natural sehingga tetap enak dibaca. Cara ini akan membantu mesin pencari memahami kontens dan mengindeks halaman Anda secara akurat.

6. Jangan Lupa Sematkan Keyword Turunan

Dalam artikel tersebut, jangan lupa juga untuk menambahkan keyword turunan yang relevan yang cukup sering untuk membantu search engine memahami konten Anda.

7. Keyword Utama di Paragraf Pertama

Ini adalah salah satu yang wajib Anda lakukan, yaitu menempatkan keyword utama pada paragraf pertama. Bila memungkinkan, akan sangat bagus jika keyword tersebut ditempatkan pada kalimat pertama atau awal artikel Anda.

8. Tempatkan Keyword di Subheading

Cara lain untuk optimasi artikel SEO Friendly adalah menempatkan keyword pada setiap subheading. Keyword tersebut setidaknya ada pada satu subheading. Jika kesulitan membuat subheading, pakai cara manual dengan menambahkan tag <h2> .....(tulis sub judul di sini)... <h2/>

9. Keyword Pada Paragraf Terakhir

Pada paragraf terakhir, sematkan juga keyword utama Anda tadi. Ini akan dapat membantu mempermudah search engine menemukan keyword yang Anda gunakan. Dan pastinya, ini akan sangat baik sebagai cara meningkatkan pengunjung blog Anda dengan cepat.

10. Tulis Artikel Original

Nah, ini adalah salah satu yang wajib dilakukan oleh blogger. Yaitu membuat konten yang benar-benar original. Google tidak suka dengan artikel yang merupakan hasil copy paste dari page situs Anda sendiri maupun dari website orang lain. Duplikasi konten sangat tidak disukai (red flag) oleh search engine.

Belum lagi jika nanti ketahuan pemilik aslinya, bisa-bisa Anda akan kena gugat dari penulis asli tersebut. Dengan tulisan yang asli (bukan copas) serta menarik, itu merupakan cara meningkatkan visitor blog Anda dengan cepat.


11. Periksa Typo

Sebelum dipublish, alangkah baiknya untuk selalu memeriksa kembali keseluruhan artikel Anda. Apakah sudah enak dibacanya atau masih ada beberapa kata yang masih typo. Karena baik reader (pengunjung blog Anda) maupun search engine sangat menghargai tulisan yang sangat baik.

12. Buat Artikel yang Mudah Dimengerti

Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog? Ya cara lainnya adalah dengan membuat artikel yang mudah dibaca dan dimengerti. Hindari menggunakan kata yang terlalu panjang dalam satu paragraf atau menggukana kata-kata yang sulit dan membingungkan.

13. Tambahkan Internal Link

Jangan lupa untuk selalu menambahkannya dalam setiap artikel Anda. Internal link akan membantu search engine memahami halaman dan membantu penggunanya untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan.

14. Tambahkan Ekternal Link

Ini adalah hyperlink yang mengarah ke postingan atau page website lain. Gunakan link ini sebagai sumber informasi konten Anda dan bantu pembaca untuk menemukan sumber yang relevan. Dengan membuat eksternal link yang efektif, maka salah satu cara meningkatkan pengunjung blog telah berhasil Anda lakukan.

Tahap #3 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Cepat Melalui Optimasi Artikel

20 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Optimasi Artikel


15. Sematkan Keyword Pada Judul Artikel

Pastikan untuk menempatkan keyword utama pilihan Anda pada judul artikel. Bila memungkinkan, sebaiknya keyword tersebut ditempatkan pada awal kata di judul.

16. Gunakan Keyword pada URL

Permalink juga disebut dengan URL atau link artikel Anda. Dan link ini sebaiknya wajib untuk setiap page (halaman) maupun artikel. Agar permalink Anda SEO Friendly, sertakan kata kunci utama pada link tersebut. 

Jika menggunakan Wordpress sangat mudah untuk menerapkannya dengan menggunakan plugin. Namun bila menggunakan Blogspot, hal ini cukup sulit dan biasanya jumlah karakter pada linknya cukup terbatas.

17. Gunakan Keyword Utama pada SEO Title

Anda yang sering menggunakan plugin YOAST pada wordpress pasti sudah sangat familiar dengan cara ini. Yaitu memastikan bahwa SEO title terdapat keyword utama Anda. Namun, usahakan title tersebut tidak melebihi dari 70 karakter dan ini adalah salah satu cara meningkatkan pengunjung blog yang cukup ampuh.

18. Sematkan Keyword Utama di Meta Description

Meta decription ini merupakan deskripsi tentang halaman website Anda dan yang akan muncul pada SERPs. Pastikan deskripsi ini ada keyword utama Anda serta buatlah kalimat deskripsi yang benar-benar menarik agar orang kemudian mau mengklik artikel Anda tersebut. Biasanya meta description tidak lebih dari 155 karakter.

19. Pilihlah Kategori dan Tags yang Relevan

Tag dan kategori sistem taksonomi yang digunakan untuk mengatur artikel blog. Pilih tag dan kategori pada setiap halaman blog Anda untuk menghubungan artikel satu sama lain pada topik tertentu.

20. Gunakan Keyword Utama pada Image Alt Tags

Yang terpenting lain adalah selalu lampirkan image pada setiap artikel Anda dan jangan lupa menetapkan 'alt tags' pada masing-masing image dan pastikan untuk menyematkan keyword yang relevan.

Saya sendiri masih newbie yang terus belajar untuk membuat artikel yang benar-benar menarik dan SEO friendly. Saya hanya berharap bahwa berbagi tips mengenai cara meningkatkan pengunjung blog di atas akan sangat membantu Anda para blogger yang kesulitan untuk mendapatkan organic traffic dari Google.

Jika masih ada yang kurang dari cara meningkatkan pengunjung blog di atas, jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini. Keep learning and do it.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Melalui Artikel SEO Friendly"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih