Cara Membuat Toko Online Tanpa Ribet

Cara membuat toko online merupakan hal yang mudah. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk mulai membuat toko online. Berikut langkah-langkahnya.

Menjalankan bisnis online tentunya tak lepas dengan toko online, dimana toko online merupakan media yang digunakan untuk melangsungkan bisnis online. Dalam hal ini toko online dapat digambarkan sebagai rumah untuk bisnis online sehingga keberadaannya sangat diperlukan.

Sebenarnya, cara membuat toko online merupakan hal yang mudah. Namun terkadang karena kurang pengetahuan atau keahlian tentang toko online, membuat seseorang mundur dari dunia bisnis online.

Padahal, jika Anda memang benar-bena tidak bisa membuat toko online, Anda bisa menggunakan jasa, dimana Anda hanya tinggal memakai toko online tersebut.

Membeli toko online, biasanya terdapat kendala dalam hal biaya. Nah, dengan hal tersebut tentunya Anda harus bisa membuatnya sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat toko online? Simak penjelasan berikut ini:

Cara Membuat Toko Online Tanpa Ribet

Tentukan Target Pasar

Dalam membuat toko online tentunya anda tidak bisa sembarangan membuat, sebab harus menyesuaikan barang atau produk apa yang aka Anda jual. Sehingga cara membuat toko online yang pertama adalah menentukan tujuan. Dan ini nantinya akan berpengaruh dengan jenis layanan yang akan digunakan.

Memilih Platform Toko Online

Ketika anda telah menentukan tujuan, maka cara membuat toko online selanjutnya adalah memilih platform yang akan Anda gunakan. Terdapat banyak platform yang bisa Anda gunakan, salah satunya yaitu Shopify.

Jika Anda ingin menggunakan Shopify, maka anda perlu mendatarkan terlebih dahulu, dan untuk mendaftar tidak sulit, anda hanya mengikuti petunjuk yang diarahkan. Selain Shopify, Anda juga bisa menggunakan jasa lainnya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Misalnya, jika pasar Anda adalah lokal, maka Anda bisa membuat toko online pada beberapa marketplace yang sudah menyediakan program ini. Sebut saja TokoPedia, MatahariMall, Bhinneka, BliBli, atau BukaLapak.

Cara Membuat Toko Online dengan Melihat Fitur yang Disediakan Platform

Setelah menentukan platform yang sesuai, maka Anda harus mempelajari fitur yang Anda. Sebab hal ini akan mempengaruhi bisnis anda ke depannya. Bila Anda memilih toko online gratis, bisanya fitur yang sediakan juga terbatas. Namun tak ada salahnya jika sekali-kali nada mencoba toko online berbayar untuk menunjang bisnis online nada kedepannya.

 Mulai Membuat Toko Online

Setelah segalanya Anda temukan, maka mulailah membuat toko online dalam platform yang anda pilih. Karena anda telah mempelajari teknik atau fitur yang disediakan maka untuk melakukan pendaftaran merupakan hal yang mudah.

Maintenance 

Setelah anda berhasil memilki toko online, atau rumah bisnis online Anda, maka Anda harus memikirkan bagaimana agar toko online yang anda buat bisa menarik. Lalu bagaimana cara membuat toko online agar menarik?

Dalam hal ini tentunya banyak hal yang harus Anda lakukan, misalnya dalam menjelaskan produk yang Anda tawarkan dijelaskan secara detail. Sebab pelanggan bisanya akan memilih suatu produk yang telah jelas.

Foto tampilan produk juga harus terlihat menarik, jika foto terlihat menarik tentunya pelanggan akan tertarik juga. Namun perlu diperhatikan, jangan pernah membohongi konsumen. Artinya apa yang Anda jelaskan dan apa yang Anda perlihatkan dari produk merupakan benar-benar produk yang akan Anda jual.

Cara membuat toko online sebenarnya sangat mudah, bahkan jika Anda tak bisa membuat toko online dengan menggunakan website atau platform tertentu Anda bisa menggunakan media sosial. Contoh saja Instagram, Anda bisa menggunakan media sosial tersebut sebagai toko online Anda.

Bahkan media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, BBM, WhatsApp, atau lainnya bisa Anda gunakan. Apalagi media sosial saat ini telah berkembang sangat pesat dengan banyaknya pengguna. Dengan hal tersebut maka bisnis online yang Anda jalankan bisa lancar.

Toko online merupakan hal pokok yang sanat diperlukan dalam keberlangsungan bisnis online yang Anda jalankan. Sebab toko online merupakan tempat dimana orang dapat menemukan produk Anda. Dengan hal tersebut tentunya cara membuat toko online ini bisa mempermudah bisnis Anda nantinya.

RELATED POST

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Pengen buka toko online via website. Selama ini cuma lewat sosmed. Lumayan sih...tapi.kalau ada website nya kan lebih kece lagi. Iya gak?

    BalasHapus
  2. Kemarin abang saya juga ngajakin bikin bisnis online (toko online)
    jaualan produk
    produk sudah siap tinggal jalan tapi masih ada kendala juga

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih