Hobi Fotografi? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata di Penang Ini

Hobi Fotografi? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata di Penang IniSiapa yang tak suka fotografi dan selfie? Ber-selfie di tempat wisata sepertinya sudah menjadi kewajiban.
“Life is like a camera, FOCUS on whats important. CAPTURE the good times. DEVELOP from negative. And if things don’t work out. Take another shot”.
Generasi milenial mungkin lebih mengenal kamera digital, lengkap dengan aplikasi editing yang memudahkan semuanya.

Padahal, perjalanan kamera begitu panjang yang diawali dari sebuah ide pada abad ke-16.

Tapi semua telah bertransformasi yang akhirnya menjadi kamera digital seperti sekarang ini. Bahkan banyak gawai yang menitikberatkan pada kemutakhiran kamera depan yang dikhususkan untuk selfie.

Karena di zaman yang serba digital dan informasi yang lebih mudah didapat serta tingkat rasa ingin berbagi yang tinggi, orang akan dimudahkan untuk mengunggah fotonya dimanapun selama ada koneksi internet.

Salah satu kebiasaan yang paling sering adalah dengan berfoto saat mengunjungi tempat wisata atau menemukan tempat yang instagrammable. 

Perjalanan Kamera Terekam di Salah Satu Tempat Wisata di Penang


Hobi Fotografi? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata di Penang Ini
©sumber: onlypenang.com

Sangat panjang bukan histori dari kamera?

Jika kamu penasaran mengenai bagaimana perjalanan panjang kamera ini dibuat, maka kunjungilah salah satu tempat wisata di Penang ini. Di Penang, tepatnya di Georgetown ada sebuah museum kamera atau Asia Camera Museum.

Museum ini layak untuk kamu kunjungi, terlebih jika kamu pecinta fotografi. Dibuka pada tanggal 15 Januari 2014, Asia Camera Museum ini memiliki lebih dari 1000 koleksi yang berhubungan dengan kamera, baik itu kameranya sendiri maupun aksesorisnya.

Hobi Fotografi? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata di Penang Ini
©sumber: deals-malaysia.com

Didominasi oleh kamera-kamera antik yang mungkin saja beberapa banyak diantaranya belum pernah kamu lihat.

Seperti kebanyakan tempat wisata di Penang, museum ini memiliki bangunan dengan arsitektur lama.

Ketika memasuki bangunan museum, kamu akan melihat sebuah toko yang menjual banyak kamera yang sebenarnya milik museum ini. Karena museum kamera terletak di lantai 2.

Saat naik ke lantai dua, kamu harus membayar tiket masuk terlebih dahulu sebanyak 20 ringgit atau sekitar 60 ribuan rupiah.

Di museum ini, kamu akan dipandu oleh seorang guide yang akan menjelaskan secara detail mengenai tahun dibuat sampai bagaimana cara kerja sebuah kamera. Tak peduli kamu datang sendiri atau rombongan, guide tersebut akan dengan sabar memandumu berkeliling.

Mengunjungi museum kamera ini tak hanya menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Penang , namun banyaknya koleksi di sini dan keunikannya membuat museum ini WAJIB untuk kamu kunjungi.

Dari yang Langka Hingga ‘Kiss in Times Square’


Hobi Fotografi? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata di Penang Ini
©sumber: fieryfree.com

Kapan lagi kamu melihat sebuah proyektor tua dari tahun 1900-an yang sangat langka.

Proyektor Magic Lantern merupakan salah satu barang kebanggaan dari museum ini, bagaimana tidak?

Keberadaannya sudah sangat langka, berasal dari tahun 1900an, proyektor ini dilengkapi dengan slide warna dari kaca, berdiameter sekitar 35mm. Uniknya adalah proyektor ini diterangi dengan menggunakan lampu minyak.

Kamera kebanggaannya yang lain adalah replika German Camera, Leica and Zeiss, sebuah kamera yang pernah terkenal karena menghasilkan masterpiece berjudul “Kiss in Times Square”. Kamera aslinya sendiri laku dilelang dengan harga yang sangat fantastis yaitu sebesar $ 300.000.

Selain itu, terdapat pula kamera dengan umur lebih dari 100 tahun yang cara penggunaannya menggunakan cermin dan dilukis.

Tak hanya kamera dan aksesoris ataupun sparepart-nya saja, di museum ini juga terdapat ruangan dimana kalian bisa mempelajari cara mencetak foto dari negatif film, dan juga kamu bisa mempelajari bagaimana proses pencetakan foto itu di buat.

Uniknya, ada beberapa kamera yang boleh kamu sentuh, berbeda dengan beberapa museum yang melarang koleksinya disentuh oleh pengunjung. Seru kan?

Hobi Fotografi? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata di Penang Ini
©sumber:penangfoodforthought.com

Jadi, tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Penang ini dalam waktu dekat?
  • Alamat: 10 Burma Road , 10500 Georgetown, Penang, Malaysia.
  • Waktu berkunjung : 11.00 am – 7.00 pm (setiap hari)
  • Tiket masuk : 20 Ringgit

RELATED POST

Comments
2 Comments

2 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih