Sedang Bingung Cari Kerja? Ini Ada 101 Kerja Freelance yang Bisa Kamu Kerjakan dari Rumah

Memang sih, lapangan kerja akhir-akhir ini semakin susah didapat. Apalagi, dengar-dengar banyak perusahaan yang melakukan PHK. Duh, semakin nyesek rasanya, apalagi buat kamu-kamu yang baru lulus dan sedang mencari kerja.



Acara job fair pun biasanya akan kamu datangi kalau kamu sedang membutuhkan lapangan kerja. Dan biasanya, proses pencarian kerja ini cukup memakan waktu lama sampai kamu benar-benar mendapatkan pekerjaan.

Nah, daripada menunggu terlalu lama dan tidak melakukan apa-apa, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan freelance.

Freelance sendiri adalah tenaga lepas. Atau biasa diartikan dengan pekerjaan paruh waktu atau bekerja sendiri dan tidak harus terikat kontrak dalam jangka waktu panjang dengan perusahaan atau pemilik usaha tertentu. Pastinya, kerja freelance bersifat tidak terikat dengan aturan sebuah perusahaan.

101 Kerja Freelance Ini Bisa Kamu Coba



Biasanya, sistem kerja freelance dikerjakan oleh banyak mahasiswa (biasanya adalah mahasiswa semester akhir), yang baru lulus, sedang mencari pekerjaan tetap, atau bahkan mereka yang menganggur.

Namun, tidak semudah itu menemukan pekerjaan lepas ini. Bidang yang paling umum dalam kerja freelance antara lain penulisan, jurnalistik, penerbitan buku, programmer, desain grafis, konsultan, atau translator (penerjemah bahasa).

Kadang, untuk mendapatkan pekerjaan lepas ini cukup sulit. Dan bahkan jika kamu sudah lama browsing di internet dan menghabiskan waktu berjam-jam, kamu belum juga mendapatkannya.

Jika kamu kesulitan mendapatkannya, ini ada kurang lebih 100 daftar kerja freelance online yang tentu bisa kamu kerjakan dengan fleksible.

Kerja Freelance Kategori GENERAL


Pada kategori ini, adalah daftar situs yang bisa diandalkan sebagai kerja freelance tidak peduli bidang keahlian kamu. Silakan cek dan kamu bisa tentukan pilihan.




Ini adalah salah satu situs freelancer yang paling populer untuk sekarang. Fiverr memungkinkan para freelancer untuk menawarkan layanan mereka dengan harga tertentu. Biasanya mulai dari $5 dan akan naik untuk layanan premium lainnya.

Atau jika kamu ingin mendapatkan banyak dollar dari FIVERR, kamu bisa belajar di sini >> www.belajarfiverr.com




Pesaing utama dari FIVERR adalah People Per Hour. Keduanya memang hampir sama, namun perbedaannya, pada People Per Hour umumnya lebih condong ke jangka waktu panjang, dimana kamu bisa menjalin hubungan lebih dekat dengan orang-orang yang mempekerjakan kamu.

Situs lain yang juga bisa kamu coba untuk kerja freelance:


Kerja Freelance Kategori Penulis dan Editor


Ini adalah salah satu kategori freelance yang cukup kuat bagi kamu yang hobi menulis dan editor. Silakan cek satu-satu daftar di bawah ini ya.




Adalah situs yang cukup bagus untuk kamu yang baru memulai kerja freelance. Scripted adalah salah satu situs freelance berbayar terbaik dan tertinggi bagi penulis lepas. Kamu bisa menghasilkan uang mulai dari $20-$45 dollar hanya dengan 400 kata.




Situs ini adalah salah satu situs marketplace yang mana klien akan membayar freelance untuk menulis konten produk mereka.

TextBroker memungkinkan freelancer untuk mendapatkan upah berdasarkan tingkat penulisan. Kemudian jika konten tersebut diterima klien, maka freelancer akan segera mendapatkan royalti.

Simak juga beberapa situs freelancer untuk kategori penulisan ini;


Kerja Freelance Kategori Desain dan Pemrograman


Salah satu kategori yang populer sekarang adalah desain dan pemrograman. Kedua kategori tersebut dirasa sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Terutama perusahaan yang juga telah go online. Namun, tidak sedikit perusahaan yang membuka pekerjaan dengan sistem freelance.

Jika kamu seorang desainer web, ilustrator, programer, developer, mungkin situs-situs di bawah ini bisa Anda pilih untuk kerja freelance.




Yang mendapat urutan atas adalah 99design, sebuah marketplace dimana klien bisa menemukan desainer freelance yang hebat.

Bagi para desainer freelancer, ini adalah situs yang sangat bagus untuk memamerkan keahlian mereka dalam bidang desain dan tentu dengan harapan mendapatkan royalti yang baik pula.




Setelah membeli Freelance Switch beberapa tahun lalu, Envato Studio kini menjadi marketplace yang sangat baik untuk para desainer web, programer, maupun bidang teknologi (web) lain.

Jika kamu ahli di bidang ini, maka tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan freelance di Envato Studio.

Beberapa situs lain yang menyediakan program freelance untuk bidang ini antara lain;


Sementara untuk situs lokal saya belum berhasil mengumpulkan semuanya. Nanti deh saya posting lagi untuk situs kerja freelance lokal.

Sudah siap untuk mencoba kerja freelance?

RELATED POST

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Banyak juga yah lur,,, untuk situs - situsnya, pasti clientnya dari luar negeri,,, jadi selain harus punya skil khusus juga minimalnya bisa bahasa ingris

    BalasHapus
  2. Saya baca juga bingung karena tidak punya skill atau keahlian. Mau jadi penulis, belum begitu menguasai tata bahasa, dan gaya bahasanya masih acakadut. Susah dicerna, ya pengangguran abadi jadinya.

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih