Berkat Keahlian Orang Ini, Jokowi dan Obama Berhasil Jadi Presiden

Mungkin belum banyak yang tahu tentang orang ini. Dia adalah Adryan Fitra Azyus, seorang praktisi digital marketing yang berkat bantuannya berhasil meloloskan Barrack Obama dan Joko Widodo menjadi presiden di negaranya masing-masing.

Berkat Keahlian Orang Ini, Jokowi dan Obama Berhasil Jadi Presiden
©Twitter

Sudah pada tahu belum siapa orang ini? Kenalan yuk...

Ternyata eh ternyata, nama Adryan Fitra Azyus sebenarnya sudah dikenal lama oleh banyak pelaku internet marketing. Terlebih mereka yang berkecimpung dalam Google Adsense.  Pria kelahiran Banda Aceh, 26 Juni 1985 ini adalah web enterpreneur, founder dari pitoong.com dan cloud media biz.

Memang, kemenangan seorang presiden dalam pemilihan umum ditentukan oleh surat suara. Namun, dalam rangka mengumpulkan surat suara terbanyak, juga ada andil besar seseorang yang melakukan kampanye melalui digital. Inilah yang dilakoni oleh Adryan.

Berawal dari Obama Berlanjut Hingga ke Jokowi

Berkat Keahlian Orang Ini, Jokowi dan Obama Berhasil Jadi Presiden
©Sukmaindar.com

Siapa sangka, berkat keahliannya di bidang internet marketing, Adryan menjadi salah satu tim pemenangan Presiden Barack Obama di Amerika Serikat. 

Cerita bermula dari keikutsertaannya dalam kontes promosi di Myobama.com. Dan siapa yang terbaik dalam mempromosikan situs tersebut akan direkrut menjadi tim digital kampanye mereka. Beruntung, Adryan menjadi pemenangnya.

"Di Amerika saya menjadi tim underground Obama untuk mengelola ratusan ribu akun media sosial di mana mereka bisa membuat, menggiring dan memperbaiki opini,” ucapnya dikutip dari laman SWA.co.id.

Tak hanya pada periode tersebut, pada periode kedua kemenangan Presiden Obama juga berkat tangan dinginnya dalam mengolah kampanye digital karena pada tahun 2012, Adryan masih dipercaya sebagai tim kampanye digital presiden Obama periode kedua.

Setelah itu, Adryan kemudian ditawari menjadi Digital Personal Adviser oleh tim pemenangan Jokowi-JK pada Pemilihan Presiden Indonesia tahun 2014 lalu. 

Pria lulusan program S3 Fisika Universitas Indonesia ini menerima tawaran pekerjaan tersebut. Berdasarkan pengalaman dan pelajaran dari pemilihan presiden Amerika, Adryan juga menerapkannya dalam pemilu presiden di Indonesia.  

Rutinitas Adryan adalah mengikuti kegiatan Jokowi - JK dengan menggarap berbagai produk digital kampanye pasangan tersebut. Hasilnya, Adryan kembali berhasil membawa calonnya menjadi orang nomor satu di Indonesia.

“Yang bilang saya timses Jokowi, itu salah besar. Lalu apa yang saya lalukan? Menyebarkan sesuatu fakta yang seharusnya orang tahu tentang Jokowi melalui web saya. That’s it. Saya nggak pernah suruh teman-teman pilih nomor 2 atau Jokowi, ya kan? Lalu, apa motivasi saya? Saya bisa jadi bagian dalam sejarah republik Indonesia  ini dengan menyebarkan apa adanya,” tulis Adryan dalam status akun Facebook-nya.

Meskipun tidak berperan secara langsung dan terkesan di balik layar, namun tangan dingin Adryan tak bisa disepelekan. Mengingat pada waktu tersebut, peran sosial media sangatlah penting sebagai salah satu media untuk kampanya. Dan itu berlaku hingga saat ini.

Orang Pertama yang Bisa Meraih Rp 1 Miliar per Bulan dari Google Adsense

Berkat Keahlian Orang Ini, Jokowi dan Obama Berhasil Jadi Presiden
©Villagarut.com

Pada akhir tahun 2009 lalu, berkat fokus dan ketekunannya dalam bidang Google Adsense, Adryan berhasil mencatatkan namanya sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan earning Rp 1 miliar dari Google Adsense (dilansir AnakUI.com). Wow... 

Tapi hasil tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kalau semudah itu, bisa bayangkan berapa banyak orang yang akan inflasi keuangan. 

Adryan harus lebih dulu bersusah payang dalam membuat sekitar 400an blog per hari, dengan 10 artikel di tiap blognya. Artinya, setiap hari Adryan harus membuat 4000 artikel. Eh, bagaimana ya caranya?

>> Cara Buat Ribuan Artikel Hanya Sekali Tulis <<


Mindset Pebisnis Online ala Adryan

Berkat Keahlian Orang Ini, Jokowi dan Obama Berhasil Jadi Presiden
©sal-gal.com

Insting bisnis Adryan sejatinya sudah ada sejak dia duduk di bangku SMA. Ketika itu, dia menjadi pembajak lagu (sebaiknya ini jangan ditiru ya :).

Awal bisnisnya adalah dengan meminjam uang dari saudara kemudian dia pakai untuk membeli laptop, CD MP3 dan printer. Setelah itu, Adryan mulai berjualan CD lagu sesuai pesanan.Sejak saat itu Adryan menekuni bisnis online mulai dari Google Adsense hingga penyedia hosting. 

Salah satu kesuksesan seorang Adryan adalah mindset. Pola pikir dari pebisnis memang bisa sangat menentukan kesuksesan pelakunya. Ini juga yang dilakukan oleh Adryan.


  • Tetap Fokus

Yup, salah satu kunci kesuksesan Adryan adalah dengan tetap fokus pada apa yang ingin dikembangkan. Seperti halnya ketika dia harus membuat artikel sebanyak 4000 artikel sehari. Hasilnya, dia sukses mendapatkan 1.300 dollar. Setelah itu, Adryan fokus pada adsense ketimbang mengikuti jejak rekannya untuk bermain di ClickBank.


  • Belajar...Belajar...dan Belajar

Tentu, Adryan adalah seorang yang haus akan ilmu. Adrian sebelum beraksi, terlebih dahulu melakukan analisa. Contohnya adalah menganalisa 3 social media, Facebook, Twitter, dan Instagram. 

Market di Facebook bisa menjangkau kalangan menengah ke bawah dan masyarakat di luar kota besar. Sementara twitter mayoritas penggunanya adalah di kota besar. Dan Instagram, kebanyakan pelakunya adalah berusia muda. Setelah melakukan analisa tersebut, barulah Adryan menentukan teknik promosi 


  • Jangan Pelit Bagi Ilmu


Adryan juga selalu sempatkan untuk share ilmunya di bidang digital marketing melalui komunitas, grup, maupun seminar. Selain berbagi ilmu, Adryan juga bisa mendapatkan ilmu baru yang mungkin belum diketahuinya melalui komunitas tersebut.


  • Sebelum Memulai, Lakukan Riset


Dalam berbisnis online, salah satu hal untuk memulainya adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Bagaimana dan seperti apa yang dibutuhkan oleh pasar, setelah itu diketahui seberapa besar peluang bisnisnya. 

Bagaimana, apakah sudah siap untuk mengikuti jejak dari Adryan?

Source: Anakui.com, Okezone.com, Swa.co.id, Maxmanroe.com

RELATED POST

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Salut buat mas Adryan, masih tetap belajar untuk seperti beliau... semangaat...

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih