Cara Mencari Suplier Terpercaya di Tokopedia

Hai hai.. Kali ini saya akan bahas mengenai cara mencari supplier terpercaya di Tokopedia. Sebenarnya, artikel ini khusus buat temen-temen yang sedang melakukan bisnis online dengan metode dropship. Yang mana, ini adalah bisnis online yang paling mudah untuk memulainya (menurut saya).

Cara Mencari Suplier Terpercaya di Tokopedia
©SarungPreneur


Dropship sendiri adalah bisnis online dengan berjualan sebuah produk. Namun, produk tersebut bukan dari kita sendiri, melainkan produk orang lain TANPA perlu repot menyiapkan stok dan juga packaging.

Dropship berbeda dengan reseller. Kalau dropship Tanpa perlu stok produk dan repot pengiriman, sementara reseller kita harus memiliki stok produk dan bisa mengirim produk sendiri. Nah, pertimbangan saya, kalau temen-temen ada yang ingin memulai jualan online, kenapa tidak dicoba dropship?

Kalau masih bingung tentang dropship ini, Anda bisa baca artikel saya sebelumnya tentang “Mau Jualan Online Tapi Tidak Punya Produk? Pakai SistemDropship Aja?!”

Salah Satu Hambatan Dropshipper adalah Cara Mencari Supplier Terpercaya


Cara Mencari Suplier Terpercaya di Tokopedia
©MaxManroe


Oke, dropship adalah salah satu lahan gurih untuk berbisnis online. Dan inipun juga masih saya lakukan untuk beberapa produk yang saya rasa memang sedang laris dipasaran.

Sangat mudah sekali untuk memulai bisnis dropship ini. Anda bisa memulainya dengan mencari barang dibanyak marketplace yang menyediakan program dropship. Kemudian Anda bisa menyebarkan jualan Anda dibanyak social media yang Anda miliki, atau dijual kembali di marketplace lainnya (toko online).

Namun yang perlu Anda ketahui, terkadang setiap bisnis ada hambatannya. Dan dalam bisnis dropship ini, yang paling sering saya alami adalah tidak mendapatkan supplier yang benar-benar terpercaya.

Akibatnya, saya sering mendapat keluhan dari customer saya mengenai produk yang dikirim belum sampai-sampai hingga kesalahan produk. Dan semua itu sudah pernah saya alami.

Karena itu, langkah terbaiknya adalah dengan mencari supplier yang benar-benar dapat mendukung bisnis dropship Anda.

Cara Mencari Supplier Terpercaya di Banyak Marketplace, Salah Satunya Tokopedia

Cara Mencari Suplier Terpercaya di Tokopedia
©Fauz


Ada banyak marketplace di Indonesia yang menyediakan program dropship ini, seperti Shopee, Bukalapak, Dropshipaja.com, atau Tokopedia. Dan yang paling sering saya pilih untuk mendapatkan supplier adalah melalui Tokopedia.

Kenapa Tokopedia? Karena menurut saya dimarketplace ini lebih simple dan friendly, sehingga saya lebih merasa sangat mudah menggunakannya. Kembali lagi, ini hanya soal taste, Anda bisa pilih supplier dari marketplace lain jika Anda ingin. Namun pada kali ini saya akan berbagi tips cara mencari supplier terpercaya di Tokopedia.

1.Pilih Kategori


Di halaman homepage Tokopedia, Anda silakan memilih kategori produk yang ingin Anda jual. Ada banyak sekali kategori produk yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

2. Pilih Sub Kategori



Di dalam laman kategori tadi, biasanya Anda akan diarahkan ke halaman kategori tersebut dan Anda bisa memilih lagi kategori produk yang lebih spesifik. Misalnya (perhatikan gambar), saya memilih kategori fashion wanita, dan sub kategori yang saya pilih adalah dress

3. Cari Produk yang Anda Inginkan


Setelah memilih sub kategori tadi, kemungkinan masih ada halaman pembagian sub kategori lagi. Namun, sebagian besar ada yang langsung menuju ke laman produk. Dari sini Anda bisa cari produk apa yang Anda ingin jual dengan metode dropship.

4. Pilih Supplier yang Terpercaya


Bagaimana memilih supplier yang benar-benar terpercaya? Di sinilah keunggulan dari Tokopedia menurut saya, yakni dapat menampilkan mana supplier yang terpercaya atau tidak dengan tanda Gold Merchant.

5. Lihat Tanda Gold Merchant


Jadi sebelum memilih produk, ada baiknya Anda search mana yang benar-benar supplier yang direkomendasi oleh Tokopedia (Gold Merchant) tadi.

6. Cara Mencari Laris atau Tidak


Faktor lain yang dapat mempengaruhi pemilih produk dan supplier adalah dengan mengetahui sudah berapa banyak produk yang telah mereka jual ke customer. Cara ceknya silakan lihat di gambar ya.

7. Sudah Cukup? BELUM! Lihat Testimoni dan Bintang dari Customer!!


Belum cukup sampai disitu, Anda direkomendasikan untuk melihat reaksi, testimoni, dan komentar dari calon customer mengenai produk dari supplier tersebut. Semakin tinggi bintangnya (5), maka semakin tinggi kredibilitas supplier tersebut.

P.S: Jika Anda ingin dropship produk custome case (kasing hape) atau aksesoris menarik lainnya, Anda bisa join di DropshipAja.com yang menawarkan banyak produk yang bisa Anda jual kembali dengan harga yang bersaing.

1 komentar:

  1. boljug nih sistem dagang online beneran tanpa modal, tebang modal blog bisa kita punya toko online dengan pake sistem dropship ya

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih