Featured

Meningkatkan Penjualan Online dengan Plugin Super Istimewa

Sebenarnya, plugin ini untuk wordpress sih tapi boleh ya saya share di sini :). Ya karena plugin ini cukup membantu meningkatkan penjualan o...

Home » » Bengawan Solo

Bengawan Solo

Sumberlirik
"...Bengawan Solo, riwayatmu ini, sedari duli jadi perhatian insani..."
hayooo, siapa yang nggak tahu lagu ini?? nggak pernah SD kalau nggak tahu lagu ini. Lagu ini lah yang membuat aq terkenal, karena aku juara lomba meenyanyi meeskipun cuma di tingkat kecamatan pas jaman merah "putih dulu"..hahahaha

SungaiBengawaSolo
memasuki awal bulan maret di 2011 ini, kabar terakhir yang saya dapet adalah sungai ini meluap lagi..
mari kita simak berita dibaawah ini yang saya kutip dari detik.com
Solo - Ratusan pemukiman di Solo yang terletak di tepian Bengawan Solo terendam air cukup tinggi. Hingga Selasa (1/3/2011) dinihari, ketinggian air di beberapa kawasan telah mencapai setinggi lebih dari satu meter. Banyak warga mulai meninggalkan rumahnya.
Semenjak Senin malam pukul 23.00 WIB ketinggian air Bengawan Solo telah mencapai status siaga tiga karena telah mencapai lebih dari 8,5 meter. Pos pemantau ketinggian air di Jurug pada pukul 23.00 WIB mencatat ketinggian 8,59 meter. Pada Selasa dinihari pukul 01.00 WIB ketinggian air meningkat menjadi 8,68 meter.
Tingginya curah hujan di kawasan hulu beberapa anak sungai Maupun di daerah Solo dan sekitarnya pada Selasa siang hingga malam, telah menambah debit air meningkat drastis. Pada pukul 18.00 WIB masuk status siaga satu, pukul 20.00 WIB mencapai status siaga dua, lalu pada pukul 23.00 WIB masuk status siaga tiga.
Akibatnya, luapan air merendam kawasan-kawasan langganan banjir di sepanjang aliran bengawan maupun anak-anak sungainya. Karena pada level status tiga telah terjadi back water atau aliran air telah kembali ke arah hulu sungai atau anak sungai.
Sejumlah pemukiman di sekitar aliran bengawan, sedang tergenang air cukup tinggi. Beberapa pemukiman di Kelurahan Pucangsawit, telah terendam hingga lebih dari satu meter.
Ratusan warga akhirnya juga memilih meninggalkan rumahnya untuk bermalam di tempat-tempat yang lebih tinggi, bahkan beberapa di antaranya memilih bermalam di sekitar tanggul. Tak sedikit pula dari mereka yang mengungsi sambil membawa barang-barang yang bisa diraih untuk diselamatkan dari air, terutama barang elektronik.

(mbr/ape)

Ehm, kok Sungai bengawan Solo ini selalu "mengamuk" ya??
Karena memang udah terlanjur terjadi, sekarang sepertinya tidak penting untuk cari tahu siapa yang membuat ulah di DAS bengawan solo ini. Yang menurut saya penting adalah bagaimana cara untuk menghadapi banjir ini agar meminimalisasi kerugian yang akan ditanggung.
Sosialisai
Sebelumnya, pada awal Desember Lalu, petugas penanggulangan bencana, sudah mendapatkan sosialisasi tentang penanggulangan bencana banjir.Namun, lagi-lagi karena keterbatasan dana, sosialisasi belum menjangkau seluruh desa yang selalu menjadi langganan bencana banjir.
Sosialisasi, diikuti sekitar 100 petugas desa dari 50 desa yang tersebar di 12 kecamatan di Bojonegoro yang daerahnya bisa menjadi langganan banjir Bengawan Solo. Menyusul, sosialisasi dilanjutkan dengan praktik lapangan, tentang tata cara penanggulangan bencana banjir Bengawan Solo dan anak sungainya.
Tidak tanggung-tanggung, dalam praktik yang melibatkan TNI, kepolisian dan pihak lainnya, langsung mengambil lokasi di Bengawan Solo. Mereka mendapatkan teori dan praktik, mulai evakuasi orang tenggelam, pendirian dapur umum, membuka posko kesehatan lapangan, hingga mendirikan tenda pengungsian.

Daya Rusak
Pengendalian daya rusak Bengawan Solo yang ditimbulkan akibat banjir yang tidak mau mengalah, terus dilakukan. Sebagaimana dijelaskan Pengawas Balai Besar Bengawan Solo di Solo, Djoko Supra, pada tahun 2010 lalu, dilakukan perbaikan di sejumlah titik tanggul, peninggian tanggul dan penguatan tanggul di wilayah Bojonegoro, Tuban dan Lamongan.
Di Bojonegoro, dengan dana Rp2,446 miliar dari APBN, dilakukan perbaikan di sejumlah titik tanggul. Di Kecamatan Kota, tanggul sepanjang 1 kilometer diperkuat dengan pelesengan dan ditinggikan 40 centimeter.
Sementara itu, tanggul negara di Desa Kauman, Kecamatan Kota, yang pernah jebol sepanjang 30 meter, diperbaiki secara permanen. Termasuk juga tanggul di Desa Ngablak, Kecamatan Dander, yang mengalami penurunan diperkuat.
Penanggulangan bencana banjir yang terjadi di daerah hilir Jatim, selain mengandalkan tanggul negara kanan dan kiri di wilayah Bojonegoro, Tuban dan Lamongan, sudetan Sedayu Lawas, Lamongan ke laut Jawa, menjadi sarana pengendali banjir yang diandalkan.
Dengan adanya sudetan sepanjang 13,4 kilometer, kapasitas 600 meter/detik tersebut, mampu mengurangi puncak banjir di daerah hilir. Genangan banjir yang biasanya terjadi selama sepekan, bisa diperpendek menjadi tiga hari.
BPBD Bojonegoro pada musim hujan tahun ini terus melakukan berbagai persiapan. Menyusul sosialisasi bencana banjir, juga dilakukan pemantauan data ramalan cuaca yang dikeluarkan BMKG yang selalu dikoordinasikan dengan petugas penanggulangan bencana di desa dan kecamatan.
Disamping itu, juga menyiapkan tujuh buah perahu karet sebagai sarana evakuasi, tiga unit dapur umum, tiga unit tenda pengungsian, mesin penyuling air, juga persiapan lainnya, termasuk bantuan sembako.
(sumber: Antaranews)
Dari beberapa sumber yang saya cari, ternyata saya menemukan salah satu hikmah di seetiap meluapnya sungai bengawan solo ini. *Yang kaya dan yang miskin bisa berkumpul bareng diatas tanggul*
Ehm, semoga bermanfaat..


29 comments:

  1. melegenda banget ya bengawan solo ini tapi apa karena judul lagunya atau ada cerita sejarah dari bengawan solo itu sendiri. Selebihnya semoga bengawan solo tetap menjadi ato mengalirkan air buat warganya dan tetap menjadi warisan bagi warga solo...

    BalasHapus
  2. aku sempet nyusuri bengawan solo ketika blogger solo mengadakan acara SOLO. kondisinya tidak seperti cerita jaman dulu.

    pa khabar sob?
    semoga baik2 aja

    BalasHapus
  3. kakek saya yang gak lulus SD bisa nyanyi lagu itu mas.... betapa melegendanya lagu bengawan solo, tapi memang enak dinikmati lagunya.

    BalasHapus
  4. mari kita nyayikan Bengawan Solo dengan irama regee. uye...

    BalasHapus
  5. eh iya, kemaren aku nonton berita katanya ada orang bule yang kerja sama dengan warga setempat bikin perahu dan peralatan rumah tangga, udah bikin 5 perahu, nggak taunya cuma 1 yang bisa berlayar di sungai bengawan solo

    BalasHapus
  6. hello sahbat, salam hangat selalu,,

    kembali menemuimu, udah lama ga BW neh, dan tulisanku terbengkalai...


    semoga bengawan solo tetap harum namanya,

    keep spirit :)

    BalasHapus
  7. jadi inget almarhum gesang.. :(

    BalasHapus
  8. Sedih mendengar informasi bahwa Bengawan Solo masih meluap pada musim hujan.

    BalasHapus
  9. seandainya Bengawan Solo senasib dengan sungai sungai besar di luar negeri...
    yang ditata apik
    yang dirawat bersih
    dan dihias cantik......

    malang bener nasibmu Bengawan Solooo

    BalasHapus
  10. Dija belom pernah ke Bengawan Solo Om...

    BalasHapus
  11. salam sahabat
    jadi teringat dengan lagu bengawan solo yang dinyanyikan oleh putra bangsa saat pemilihan mr hongkong bagus juga tuh
    menyikpai postingan ini sangat bermanfaat bagi saya karena memberikan sumber informasi yang bagus dan menarik,terima kasih

    BalasHapus
  12. Mau pulang kok harus muter lebih jauh untuk sampai rumah
    hick hick hick

    BalasHapus
  13. mengenang masa tempo doeloe, malang juga punya bnyak cerita...
    asal usul kota dampit...kwakwakwakwa

    BalasHapus
  14. asik emang ini lagu :D

    oya sob saya masih menunggu kiriman foto halo shudai dari sobat lhoo..

    BalasHapus
  15. bengawan solo memprihatinkan ya yan makin tua :(

    BalasHapus
  16. wah pinter nyanyi keroncong ye bro hehe, btw itu lagu emang tak lekang oleh waktu :)

    BalasHapus
  17. siapa yang ngga tahu lagu bengawan solo,lagu yang sangat terkenal sampai manca negara

    BalasHapus
  18. Kalau lagu Bengawan Solo sih pasti semua tahu... :D

    BalasHapus
  19. Bengawan Solo meluap lagi..? Wah, semoga tak sampai ke Madiun deh. Amin.

    BalasHapus
  20. Hujan terus sih... makanya banjir.

    BalasHapus
  21. salam sejahtera
    harus ada penanggulangan buat DAS bengawan solo
    khususnya dari pemerintah dan masyarakat

    BalasHapus
  22. Tau bengawan solo karna dari lagu. Dan skg jadi penasaran, pengen liat secara langsung :D

    BalasHapus
  23. wah, trnyata ada hikmahnya juga ya :)

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum..
    bagus artikelnya,bro.

    BalasHapus
  25. yuph, spakat bro ! yg penting adalah bagaimana cara untuk menghadapi banjir ini agar meminimalisasi kerugian yang akan ditanggung.
    semoga musibah ini dpt secara tepat dicari soulusinya, amiin... Salam sobat :)

    BalasHapus
  26. lagu yang mendunia,,
    keren banget,,,,,

    layaknya semua lagu kudu kayak gini,,,
    bermutu dan evergreen

    BalasHapus
  27. Kenal semua ini lirik heheh
    Salam kenal rastafara....
    Uye mas Broooo

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak anda melalui komentar
Sekian dan Terima Kasih

Search

Blog Archive

Popular Posts